Rabu, 13 Nov 2019 06:24 WIB

Marak Kasus Kamera Tersembunyi Bikin 'Parno' di Toilet Umum

Nurul Khotimah - detikHealth
Jebakan kamera tersembunyi bikin parno di toilet umum. (Istock) Jebakan kamera tersembunyi bikin parno di toilet umum. (Istock)
Jakarta - Fenomena mengintip dengan memasang kamera tersembunyi di toilet marak terjadi belakangan ini. Baru-baru ini, perilaku semacam itu terungkap di sebuah mal di Surabaya dan toilet kampus di Makassar.

Tindakan mengintip seperti ini cukup meresahkan masyarakat khususnya kaum perempuan. Pasalnya perekaman diam-diam ini sangat merugikan pihak korban. Beberapa pengguna toilet umum seperti di kampus atau mall mengaku cemas dan takut akan kejadian ini. Apa kata mereka menanggapi kasus pengintipan dengan kamera tersembunyi di toilet umum?

"Menurut gue ya, orang yang ngelakuinnya punya kelainan seks. Terus kenapa harus pasang kamera, kan udah banyak video porno di internet. Bikin orang cemas kalo begini, jadi gak nyaman menggunakan fasilitas umum. Mungkin juga keamanan di fasilitas umumnya bisa di tingkatkan lagi buat menghindari hal-hal yang begini," ujar salah satu mahasiswi, Siti Mardyanah kepada detikcom, Selasa (12/11/2019).

Menyoroti kejadian itu, Mardyanah mengungkapkan kekhawatirannya jika terjadi hal tersebut, rasa takut dan was-was kerap menghantuinya. Ia juga megatakan tindakan seperti ini termasuk tindakan asusila.

"Kalau sudah ada kasusnya seperti ini, pasti bawaannya parno, kaya sugest diri sendiri. Trus pasti ga nyaman, tengok kanan kiri depan belakang atas bawah. Sarannya, lebih perketat lagi pengamanannya. Kalo bisa ada yg jagain toiletnya, kaya di mall kan udah ada, petugas perempuan," tambahnya.



Selain itu, ada pula Nazla yang mengaku sedih dan cemas menggunakan toilet umum ketika mengetahui kasus seperti ini. Karena kamera yang di tempatkan merupakan ruang privasi seseorang. Hal ini menjadikan rasa aman di ruang privasi berkurang.

Sementara itu ada pula mahasiswi bernama Nuresa yang mengungkapkan kekhawatirannya atas kejadian tersebut. Pasalnya mahasiswi yang sehari-hari beraktivitas di kampus dan menggunnakan toilet kampus ini jadi paranoid untuk memakai toilet umum.

"Wah saya jadi takut untuk menggunakan toilet umum, tentu takut dan marah, karena toilet yang fungsinya sebagai fasilitas umum, justru dijadikan tempat pelecehan," ujarnya.

Selain itu, Nuresa juga menyarankan jika terjadi hal tersebut baiknya segera dilaporkan kepada pihak yang berwajib. Agar tidak terjadi lagi kasus serupa dan masyarakat lebih waspada. Untuk itu ia juga menghimbau agar lebih hati-hati saat masuk toilet, apabila ada barang-barang yang mencurigakan segera melapor pada petugas kebersihan/toilet setempat.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)