Rabu, 13 Nov 2019 10:50 WIB

Djaduk Ferianto Meninggal Diduga Serangan Jantung, Kenali Gejala Awalnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Seniman Djaduk Ferianto diduga meninggal karena serangan jantung. Foto: Usman Hadi Seniman Djaduk Ferianto diduga meninggal karena serangan jantung. Foto: Usman Hadi
Jakarta - Salah satu seniman Indonesia, RM Gregorius Djaduk Ferianto atau kerap disapa Djaduk Ferianto meninggal dunia. Menurut informasi yang beredar di kalangan seniman, Djaduk menghembuskan nafas terakhirnya dini hari, pada Rabu (13/11) pukul 02.30 WIB.

Jenazahnya disemayamkan di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja dan rencananya akan dimakamkan pada pukul 15.00 WIB, di makam keluarga Sembungan, Kasihan, Bantul. Pemberkatan jenazah akan dilakukan satu jam sebelumnya.

"Kami kaget sekali, karena tadi malam masih rapat dengan kami untuk persiapan Ngayogjazz 2019. Pagi-pagi mendengar kabar Mas Djaduk sudah wafat," kata Aji Wartono, teman dekat Djaduk pada detikcom, Rabu (13/11).

baca juga

Menurut penuturan sang kakak, Otok Bima Sidharta, penyebab meninggalnya Djaduk di usia 55 tahun ini karena serangan jantung.

"Katanya istrinya (Djaduk meninggal) jam 03.00 WIB karena serangan jantung," katanya, Rabu (13/11).

Serangan jantung adalah kondisi yang terjadi saat aliran darah yang kaya akan oksigen ke otot jantung tiba-tiba terhambat. Kondisi ini juga disebut dengan infark miokard, kejadian gawat darurat yang dapat berakibat fatal jika tidak ditangani secepatnya. Dikutip dari WebMD, berikut ini gejala awal serangan jantung yang tidak boleh diabaikan.



1. Nyeri Dada

Gejala awal dari serangan jantung adalah nyeri pada bagian dada. Hal ini terjadi saat otot-otot jantung tidak mendapatkan cukup darah yang kaya akan oksigen.

Rasa nyeri dada ini dapat berlangsung selama beberapa hari bahkan minggu. Nyeri ini dapat menjalar ke bagian lengan, leher, bahu, rahang, hingga punggung. Gejala seperti ini umum terjadi pada pria maupun wanita.

2. Sesak napas

Sesak napas juga merupakan salah satu gejala penyakit jantung yang dapat terjadi pada siapa saja. Penyebabnya, karena aliran darah yang kurang lancar karena kurangnya oksigen hingga mengakibatkan fungsi jantung yang tidak normal. Selain itu, sesak napas biasanya mungkin terjadi bersamaan dengan nyeri dada.

3. Pusing

Kepala pusing jangan sering di sepelekan, apalagi disertai dengan kepala terasa berat, melayang, badan lemas, penglihatan kabur, dan pingsan. Gejala ini bisa dikaitkan dengan penyakit jantung koroner, aritmia jantung, gagal jantung, dan lainnya.

4. Detak jantung cepat

Jantung yang berdetak cepat dan tidak teratur dapat menjadi gejala penyakit jantung. Gejala ini biasanya disertai dengan pusing, nyeri dada, sesak napas, hingga tubuh yang terasa melayang.

5. Kelelahan

Kelelahan bisa menjadi gejala awal penyakit jantung. Kelelahan yang terjadi dalam waktu lama butuh pemeriksaan medis yang lebih lanjut untuk diketahui penyebabnya.

6. Berkeringat

Keringat dingin yang keluar tanpa sebab yang jelas bisa menandakan serangan jantung. Jika gejala ini muncul bersama gejala lainnya, segera bawa orang tersebut ke rumah sakit untuk segera mendapat pertolongan medis.

7. Rasa nyeri pada lengan

Gejala serangan jantung lainnya yang terjadi adalah rasa sakit yang menjalar ke sisi kiri tubuh. Hal itu dimulai dari area dada dan menyebar ke bagian tubuh tersebut. Namun, tidak semua orang yang menderita serangan jantung mengalami gejala yang seperti ini.

8. Nyeri di perut

Gejala penyakit jantung lainnya yakni nyeri di perut. Bahkan nyeri di perut dianggap cuma masuk angin. Ada beberapa keluhan di seputar perut yang muncul ketika serangan jantung terjadi, seperti mual dan nyeri lambung.


Simak Video "Menepuk Lengan Kiri Dapat Atasi Jantung, Hoax atau Tidak?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)