Rabu, 13 Nov 2019 12:00 WIB

Kontrol Diabetes dengan Makanan Pengganti Kaya Nutrisi Ini

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Mencari tahu sumber nutrisi terbaik untuk di makan saat menderita diabetes bisa jadi sulit. Sebab dalam menjaga kadar gula darah terkontrol perlu asupan yang baik dan menyehatkan. Karenanya, pemilihan makanan untuk dikonsumsi bagi penyandang diabetes sangat penting dilakukan untuk mencegah adanya komplikasi.

Dilansir dari Healthline, salah dalam memilih makanan akan berdampak pada meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Bahkan, memakan makanan yang tidak sesuai dengan anjuran seperti tinggi kalori juga memberikan dampak tidak baik terhadap kesehatan orang yang menderita diabetes.


"Kebutuhan nutrisi penderita diabetes ini tentu berbeda dengan orang yang bukan penderita. Bagi penderita diabetes tentu perlu asupan makanan yang sehat dan rendah kalori. Adapun total kalori yang dibutuhkan berkisar 1750-2000 kcal/hari, ini tergantung berat badan," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur kepada detikHealth baru-baru ini.

Menurut dr Muliaman kebutuhan karbohidrat dan lemak bagi penderita diabetes juga biasanya lebih sedikit diberikan daripada orang yang bukan penderita diabetes. Namun, hal ini mengacu pada makanan yang seimbang serta pemilihan protein yang tinggi agar kebutuhan energi tetap terjaga.

"Salah satu asupan makanan yang dianjurkan adalah pilihlah kandungan gula dalam susu yang mengandung isomaltulosa sehingga tidak membuat indeks glikemik atau kadar gula tidak melonjak cepat, serat tinggi dalam susu juga menjadi pertimbangan karena serat juga akan mempengaruhi penyerapan lemak dalam memberikan rasa kenyang yang lebih lama," jelasnya.


Karena itu, dr Muliaman menyarankan penyandang diabetes untuk rutin mengkonsumsi susu Diabetasol dengan kandungan vita digest pro dan indeks glikemik rendah. Diabetasol merupakan meal replacement yang dapat digunakan sebagai alternatif pengganti makan pagi dan snack malam dengan nutrisi lengkap. Setiap porsinya pun mampu mencukupi kebutuhan kalori 260 kkal.

"Selain kontrol makanan yang harus diperhatikan penderita diabetes juga perlu berolahraga minimal 30 menit sehari. Usahakan olahraga yang tidak berisiko benturan dan menyebabkan luka, konsumsi obat secara rutin kalau memang gula darahnya harus dikontrol dengan obat atau insulin," pungkasnya. (ujm/mul)