Kamis, 14 Nov 2019 11:08 WIB

Ilmuwan Kumpulkan Foto Kotoran Manusia untuk Keperluan Penelitian

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilmuwan meneliti kotoran manusia (Foto: iStock) Ilmuwan meneliti kotoran manusia (Foto: iStock)
Jakarta - Kecerdasan buatan akan dapat segera mengidentifikasi penyakit dari kotoran. Ilmuwan dari Seed Health, perusahaan kesehatan mikroba, melakukan sebuah kampanye mengumpulkan 100 ribu foto yang digunakan untuk meneliti penyakit usus kronis.

Penelitian ini dilakukan untuk melihat metode penyembuhan terbaik bagi pengidap sindrom iritasi usus. Mereka berharap temuannya memberi dokter alat diagnostik tambahan dan memungkinkan pasien mengelola kesehatan mereka.

"Kotoran sebenarnya bisa memperlihatkan hasil langsung dari kesehatan usus kita," kata salah satu pendiri dan co-CEO dari Seed Health, Ara Katz, dikutip dari The Verge.



Netizen pun diajak untuk berpartisipasi dengan mengirimkan gambar melalui website mereka. Partisipan akan diminta memasukkan jadwal buang air besar pada pagi, siang, atau malam. Tidak perlu khawatir karena 'donasi' gambar kotoran tidak dipublikasikan.

Tim dokter kemudian akan dengan rajin memeriksa setiap gambar yang diterima. Tujuh ahli gastroenterologi akan mencatat apa yang mereka lihat dalam gambar.

Kotoran kemudian akan dipisahkan dalam tujuh kategori yang berbeda, sesuai skala feses, yang dapat memberitahu Anda dan dokter apakah mengalami konstipasi, kurang serat, atau kondisi lainnya.

Pengetahuan dokter akan membantu melatih model kecerdasan buatan untuk memahami hal-hal yang sama dengan apa yang dilihat dokter dalam gambar. Tertarik mencoba?



Simak Video "Ahli LIPI Larang Cek Septic Tank Pakai Api"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)