Kamis, 14 Nov 2019 12:07 WIB

Ramai #HariRebahanNasional, Rebahan Ternyata Ada Manfaatnya lho!

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rebahan ternyata bermanfaat untuk kesehatan mental. Foto ilustrasi: Thinkstock Rebahan ternyata bermanfaat untuk kesehatan mental. Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - #HariRebahanNasional sedang ramai dibicarakan dan jadi tren di media sosial, terutama Twitter. Banyak postingan yang menggunakan hashtag tersebut disertai dengan ilustrasi yang lucu. Selain untuk mengistirahatkan tubuh, rebahan ternyata bisa bikin kita mudah untuk berpikir.

Saat kamu sedang tertekan karena pekerjaan atau hal lainnya, rebahan dan tidak melakukan apa-apa sama sekali bisa membantu mengatasinya. Cara relaksasi itu disebut sebagai konsep niksen. Konsep ini merupakan sebuah tren gaya hidup di Belanda yang dilakukan para pekerja atau orang yang butuh mengalihkan diri dari kejenuhan.

Niksen memiliki arti tidak melakukan apa-apa, berdiam diri, atau melakukan sesuatu tanpa tujuan tertentu. Menurut Carolien Hamming, seorang direktur pelaksana CSR Centrum di Belanda, manfaat dari niksen ini lebih condong pada kesehatan mental. Contohnya seperti, menghilangkan kecemasan, memperlambat penuaan, stres berlebih, dan memperkuat daya tahan tubuh.


"Niksen ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti rebahan sambil bermain media sosial ataupun mendengarkan musik. Selama itu tidak dilakukan untuk tujuan tertentu atau tidak untuk menjadi suatu produktivitas, berarti kita sedang melakukan niksen," jelasnya yang dikutip dari situs Time.

Meskipun kita tidak melakukan apa-apa saat niksen seperti rebahan, tapi otak tetap memproses informasi dan menciptakan ide-ide ataupun memecahkan suatu masalah. Menurut penelitian lainnya, niksen juga mampu membuat seseorang mudah untuk mendapatkan inspirasi.

Tapi harus diingat, meskipun niksen bermanfaat, harus tahu waktu yang tepat untuk melakukannya. Jangan sampai karena niksen ini rusak kegiatan lain seperti bekerja, belajar, dan sebagainya.



Simak Video "Kata Dokter Jiwa soal Ramai 'Keluhan' Pasca Nonton Joker"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)