Kamis, 14 Nov 2019 12:14 WIB

Mimpi Menkes Terawan Soal Layanan Digital, Kirim Obat Pakai Drone

Rosmha Widiyani - detikHealth
Impian Menkes Terawan kirim obat pakai drone (Foto: iStock) Impian Menkes Terawan kirim obat pakai drone (Foto: iStock)
Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto punya mimpi sendiri terkait penyediaan layanan kesehatan digital. Dia berharap suatu saat bisa mengirim obat lewat drone.

"Nantinya pelayanan kesehatan bisa menjangkau hingga puncak gunung dengan telemedicine. Kalau kirim obat bisa dengan drone, yang kuat hingga beban 4 kilogram. Sama dengan 4 kantong darah," kata Menkes Terawan di sela Parade Inovasi Bidang Kesehatan Tahun 2019 di lingkungan kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019).

Di luar negeri, layanan pengiriman obat dengan drone sudah mulai diterapkan.Di luar negeri, layanan pengiriman obat dengan drone sudah mulai diterapkan. Foto: Drone- CVS Pharmacy/Reuters


Untuk dropping zone obat atau kantong darah bisa ditentukan dengan teknologi Global Positioning System (GPS). Menurut Menkes, teknologi adalah jawaban bagi masyarakat dengan keterbatasan dana dan listrik. Drone sanggup menempuh jarak hingga 160 kilometer hanya dengan satu kali charge.

Menkes Terawan yakin, peluang tersebut ada dengan makin banyaknya aplikasi dan start up di bidang kesehatan. Layanan tentunya harus bisa memfasilitasi kebutuhan masyarakat.

"Rohnya adalah pelayanan, jangan dulu ngejar keuntungan. Penekanan berbuat lebih ke arah prinsip-prinsip sosial," kata Menkes Terawan.



Simak Video "Kemesraan Menkes Terawan dengan IDI Bicara Soal JKN"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)