Kamis, 14 Nov 2019 18:41 WIB

Seperti Mayat Mengering di Brebes, 10 Mumi Kuno Ini Juga Tak Membusuk (1)

Nurul Khotimah - detikHealth
Mumi kuno di Mesir (Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany) Mumi kuno di Mesir (Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)
Jakarta - Sesosok jasad wanita di Brebes, Jawa Tengah, ditemukan dalam kondisi mengering seperti mumi alami. Ada banyak hal yang membuat mayat tidak terurai, baik disengaja maupun terjadi secara alami.

Dari berbagai mumi kuno yang ditemukan di berbagai belahan dunia, berikut 10 di antaranya seperti dikutip dari Ancient Origin.



1. Mumi Qilakitsoq di Greenland
Mumi yang satu ini adalah rupa dari jasad anak kecil yang menatap ke atas, seolah menunggu ibunya. Saat pertama kali ditemukan kerap dianggap boneka namun ternyata itu jasad anak laki-laki berusia enam bulan. Konon anak itu dikubur hidup-hidup bersama ibunya yang sudah mati.

Bayi kecil itu ditemukan bersama dengan seorang bocah lelaki berusia dua tahun, dan enam perempuan dari berbagai usia, yang dimakamkan di dua kuburan terpisah yang dilindungi oleh batu yang menggantung di sebuah gua dangkal. Tubuh-tubuh secara alami dimumikan oleh suhu di bawah nol dan angin kering.

2. Mumi Tollund Man di Denmark
Manusia Tollund adalah tubuh manusia yang hidup secara alami pada abad ke-4 SM, selama periode yang ditandai di Skandinavia sebagai Zaman Besi Pra-Romawi. Dengan menjadi mumi, wajah Manusia Tollund sama terpelihara dengan hari kematiannya. Ekspresi wajahnya tenang dan damai, seolah memandangi lelaki yang sedang tidur. Mumi ini ditemukan di rawa gambut yang bersifat asam.

3. Mumi The Lady of Dai di China
Ketika berbicara soal mumi, kebanyakan ornag hanya mengetahui mumi itu berasal dari Mesir dengan adanya jasad mumi Firaun. Tetapi beberapa orang meyakini bahwa mumi sebenarnya berasal dari Tiongkok. Lady of Dai atau dikenal The Diva Mummy yang berusia 2100 tahun dari Dinasti Han Barat dan manusia purba terpelihara terbaik yang pernah ditemukan.

Betapa tingkat pelestarian yang luar biasa ini dicapai telah membingungkan dan membuat kagum para ilmuwan di seluruh dunia. Xin Zhui, Nyonya Dai, meninggal antara 178 dan 145 SM, pada usia sekitar 50 tahun.



4. Mumi bocah Inca berusia 500 tahun di Argentina
Sekitar lebih dari satu dekade lalu, sisa-sisa anak Inca ditemukan di puncak pegunungan di Argentina. Tahun lalu, sebuah analisis pada mayat 'Maiden' berusia 13 tahun dan teman-temannya yang berusia 4-5 tahun, Llullaillaco Boy dan Lightening Girl, mengungkapkan bahwa anak-anak itu telah dibius dan diberi alkohol secara teratur sebagai bagian dari serangkaian proses seremonial selama setahun yang mengarah ke pengorbanan terakhir mereka. Sehingga jasadnya menjadi awet dan disebut mumi.

5. Mumi bocah Tjayasetimu di Mesir
Tjayasetimu adalah nama seorang gadis kecil yang adalah seorang penyanyi bintang di Mesir kuno. Tjayasetimu telah dibungkus perban yang dicat, wajahnya ditutupi dengan kerudung halus dan disembunyikan oleh topeng emas, dan dia telah ditempatkan di sebuah sarkofagus bersepuh emas.

Bintang anak itu terpelihara dengan baik dan masih memiliki rambut penuh sebahu. Mereka bahkan bisa melihat gigi susunya mendorong melalui gusinya.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)