Jumat, 15 Nov 2019 07:00 WIB

Seperti Mayat Mengering di Brebes, 10 Mumi Kuno Ini Juga Tak Membusuk (2)

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Mumi kuno di Mesir (Foto: Photo by MOHAMED EL-SHAHED/AFP) Mumi kuno di Mesir (Foto: Photo by MOHAMED EL-SHAHED/AFP)
Jakarta - Sesosok mayat wanita di Brebes ditemukan mengering dan tidak membusuk, terawetkan secara alami seperti mumi. Fenomena seperti ini mungkin terjadi karena faktor lingkungan maupun disengaja untuk tujuan tertentu seperti mumi-mumi di Mesir.

Melanjutkan artikel sebelumnya, berikut ini 5 dari 10 mumi kuno legendaris yang juga tidak membusuk.



6. The Beauty of Loulan di China
Loulan ditemukan tahun 1980, tetapi tubuhnya sudah mati pada 3.800 tahun yang lalu di jalur perdagangan Jalur Sutera. Mumi ini disebut Loulan Beauty (Si Cantik Loulan) karena wajahnya menampilkan kecantikan yang abadi meskipun dia sudah meninggal.

Sayangnya, daerah tempat dia dan lebih dari 200 mumi lain ditemukan sedang mengalami guncangan politik yang tidak stabil. Penemuan mumi di Cekungan Tarim, China tersebut disinyalir sebagai pemicu konflik. Pemerintah China menolak untuk memberikan akses maksimal ke mumi-mumi tersebut karena identitas rasnya. Mumi yang ditemukan memiliki ras Kaukasia dan menjadi fakta dari klaim masyarakat lokal Uighur yang lebih 'Eropa' ketimbang terlihat Asia bahwa mereka keturunan dari penduduk asli di sana. Selama ini sejarah Tiongkok mengklaim Uighur sebagai masyarakat pendatang.

7. Otzi si Manusia Es di Jerman
Turis Jerman menemukan Otzi di Pegunungan Alpen tahun 1991. Dipercaya, manusia es ini adalah mayat beku dari tentara atau pendaki yang tewas dalam Perang Dunia I. Setelah diperiksa, pria ini diduga tewas dari pukulan di belakang kepalanya, 3.000 tahun sebelum Masehi. Dia menjadi mumi alami tertua dari Eropa dan masih mempunyai sel darah yang utuh. Sel darahnya menjadi yang tertua yang berhasil diidentifikasi.



8. The Lady of Cao di Peru
Dua piramid, Huaca del Sol dan Huaca de la Luna di Peru menjadi daerah tempat mumi Lady of Cao bersemayam. Mumi perempuan bertato ini diperkirakan masih muda saat meninggal, 1.500 tahun yang lalu. Diduga dia meninggal karena komplikasi kelahiran.

9. Mumi Misterius dari Zeleniy Yar di Rusia
Zeleniy Yar merupakan daerah dekat lingkaran Arktik yang mempunyai lusinan mumi asing. Artefaknya kemudian merujuk pada zaman Persia Kuno yang jauhnya 6000 km. Mumi tersebut ditemukan dalam bentuk yang baik, diduga karena kecelakaan, mengenakan masker tembaga dan diselimuti oleh bulu beruang atau binatang lain.

10. Mumi dari Katakombe Palermo di Italia
Katakombe--atau kuburan bawah tanah--Capuchin Palermo berlokasi di Sicily, Italia. Katakombe ini adalah tempat seorang anak perempuan berusia dua tahun bernama Rosalia Lombardo bersemayam. Orang-orang menyebutnya 'Putri Tidur' karena terlihat hanya seperti tidur, meski meninggal pada 1920 silam. Penelitian menyebut bahwa kandungan zinc yang diinjeksikan dalam tubuh Rosalia, berperan sebagai pengawet yang baik.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)