Jumat, 15 Nov 2019 10:00 WIB

Pensiun dari MotoGP, Jorge Lorenzo Hidupnya Bakal Lebih Sehat?

Michelle Natasya - detikHealth
Pebalap MotoGP Jorge Lorenzo mengumumkan akan pensiun (Foto: Heino Kalis/REUTERS) Pebalap MotoGP Jorge Lorenzo mengumumkan akan pensiun (Foto: Heino Kalis/REUTERS)
Jakarta - Rider Repsol Honda, Jorge Lorenzo mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun dari MotoGP di usia 31 tahun. Saat menggelar konferensi pers pada Kamis (14/11/2019), Rider Spanyol itu mengumumkan akan mundur dari dunia balapan setelah musim 2019 berakhir.

Dikutip dari The Guardian, pensiun ternyata baik bagi kesehatan lho. Pusat Penelitian Ekonomi di Oxford, menyimpulkan bahwa pensiun dapat meningkatkan kesehatan karena mereka dapat lebih banyak berolahraga, tidur lebih lama dan memiliki banyak waktu untuk pulih dari kepenatan yang berkaitan dengan pekerjaan.

Secara keseluruhan, penelitian menemukan bahwa pensiunan lebih memiliki gaya hidup yang aktif. Peter Eibich, seorang ekonom di Pusat Penelitian Ekonomi Kesehatan di Oxford setelah mempelajari data tersebut mengatakan bahwa perbaikan diri yang dilakukan oleh pensiunan seringkali membawa manfaat. Sebagai contoh, pensiunan mengurangi kemungkinan merokok sekitar 6 persen dan meningkatkan kemungkinan sering berolahraga sebesar 11 persen.



Senada, CNBC menulis bahwa pensiun lebih awal dapat memperpanjang harapan hidup. Hal ini berdasarkan pada studi para ekonom dari University of Amsterdam tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Kesehatan dan Ekonomi.

Mereka menemukan bahwa, dengan pensiun seseorang lebih banyak waktu untuk berinvestasi dalam kesehatan, mengurangi stres karena beban pekerjaan, dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit serius seperti stroke, kardiovaskuler, dan diabetes. Hal ini bisa dicapai jika anda tetap aktif dan tidak melupakan kehidupan sosial meski sudah pensiun.

Kesimpulannya, pensiun dini dapat memberi seseorang lebih banyak waktu luang. Dan selama anda menghabiskan waktu tersebut dengan bijak, seseorang mungkin bisa memperpanjang hidup dan meningkatkan kesehatan.



Simak Video "Kata Dokter Jiwa soal Ramai 'Keluhan' Pasca Nonton Joker"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)