Jumat, 15 Nov 2019 14:05 WIB

Malas Kencing Malam Bisa Bikin Serangan Jantung? Ini Faktanya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Beredar pesan menyebut malas kencing di malam hari bisa membuat serangan jantung. (Foto: istock) Beredar pesan menyebut malas kencing di malam hari bisa membuat serangan jantung. (Foto: istock)
Jakarta - Sebuah pesan berantai yang kembali beredar lewat WhatsApp menyatakan tak kencing malam bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Kencing malam juga dikatakan terkait penuaan usia jantung yang fungsinya makin menurun.

Menurut dokter ahli penyakit dalam konsultan kardiovaskuler dr Eka Ginanjar, SpPD-KKV, FINASIM, FACP, kabar tersebut tidak benar. Pesan tersebut sebelumnya telah dinyatakan sebagai hoaks dalam laman Kementerian Kominfo.

"Kencing malam tidak terkait langsung dengan risiko serangan jantung. Yang benar, jika sering kencing malam maka patut diwaspadai kemungkinan diabetes. Nah salah satu komplikasi diabetes adalah gangguan jantung," kata dr Eka saat dihubungi detikcom pada Jumat (15/11/2019).


Dalam kondisi tertentu, dokter memang memberi obat pada pasien jantung supaya sering kencing. Hal ini untuk mengurangi cairan dalam tubuh sehingga kerja jantung tidak terlalu berat. Salah satu obat yang biasa diresepkan adalah furosemide.

"Namun dokter biasanya menyarankan jangan diminum pada malam hari. Karena khawatir pasien terus terbangun karena pengen pipis. Kalau sudah begini, apalagi terbangun 4-6 kali, nanti mengganggu kualitas tidur pasien," kata dr Eka.

Kencing di malam hari sebetulnya wajar jika hanya terjadi satu kali selama tidur malam. Namun patut diwaspadai jika terjadi 2-3 kali dalam semalam dan terjadi berulang. Pada pasien diabetes, kadar gula yang terlalu tinggi mengganggu keseimbangan cairan yang berdampak pada kerja ginjal dan akhirnya mempengaruhi fungsi jantung.



Berikut pesan berantai yang dimaksud

KENCING MALAM, JANTUNG & PENYUMBATAN PEMBULUH DARAH OTAK

Penting sekali!

Tolong dibaca

Sampai Tuntas...

JANGAN MALAS UNTUK KENCING MALAM, agar tidak mati karena terkena serangan jantung bagi yang sudah seusia kita.

Satu info kesehatan penting bagi orang awam tentang masalah kencing malam, jantung & penyumbatan pembuluh darah.

Ini adalah pengetahuan penting tentang pencegahan STROKE !!!

Gejala paling umum pada orang tua adalah masalah KENCING MALAM.

Karena takut kencing di malam hari, orang takut minum air, tak tahu bahwa bila tak minum air sebelum tidur dan bangun malam sehabis kencing juga tidak minum air, itu adalah PENYEBAB UTAMA penyumbatan pembuluh darah otak bagi orang tua di pagi hari.

Sebetulnya, kencing malam bukan masalah kantong kemih, penyebabnya adalah PENUAAN FUNGSI JANTUNG. Daya hisap darah atrium kanan dari bawah tubuh sudah berkurang.

Pada siang hari, tubuh kita posisi berdiri, darah mengalir ke bawah, jika fungsi jantung buruk, darah yang mengalir kembali ke atas akan kurang, tekanan tubuh bagian bawah menjadi besar, sehingga orang tua siang hari akan ada pembengkakan air di tubuh bagian bawah.

Pada malam hari ketika berbaring tidur, bagian bawah tubuh sudah reda dari tekanan, banyak penimbunan air di jaringan tubuh kembali ke darah.

Terlalu banyak air, ginjal mulai berupaya untuk mengalirkan air ke kantong kemih, menyebabkan kencing malam.

Biasanya setelah berbaring tidur 3~4 jam akan ke toilet untuk pertama kali.

Setelah selesai, air di dalam darah masih terus meningkat, sehingga lewat 3 jam kemudian akan masuk toilet kedua kali ...

Mengapa ini merupakan penyebab utama dari penyumbatan pembuluh darah otak ?

Karena setelah 2 atau 3x buang air kecil, air dalam darah telah berkurang banyak, ditambah lagi dengan hawa dingin ac/cuaca, maka melalui pernapasan, air cepat menguap, sehingga darah mulai menjadi KENTAL.

Saat tidur, metabolisme tubuh melamban, denyut jantung menjadi lambat, sehingga darah yang kental ditambah aliran darah yang lambat, bagian pembuluh darah yang sempit mudah tersumbat.

Inilah sebabnya mengapa HAMPIR SELALU terjadi penyumbatan pembuluh darah jantung & otak di pagi hari sekitar jam 5 atau 6. Kasus yang paling parah adalah MENINGGAL saat tidur !

Kesimpulan :

1. Kencing malam BUKAN masalah kantong kemih, tetapi terjadi penuaan pada fungsi jantung.

2. Sebelum tidur HARUS MINUM sedikit air hangat, setelah tengah malam buang air kecil, minum lagi sedikit air hangat. Jangan takut kencing malam, karena jika tidak minum air dapat mengambil nyawa Anda !

3. Biasanya harus BANYAK OLAH RAGA, latihan tubuh memperkuat fungsi jantung. Tubuh bukan mesin, mesin akan aus jika banyak dipakai, tubuh manusia justru sebaliknya, jika sering dipakai malah menjadi lebih kuat !

4. Harus MENOLAK makanan yang tidak sehat, terutama yang kadar tepung terigu tinggi, yang dipanggang dan gorengan, lalu susu, telur, seafood & daging hewan lainnya, konsumsi berlebihan makanan ini akan membuat pembuluh darah terlalu CEPAT MENUA !!

(Diterjemahkan dari Artikel Kesehatan : JANGAN MALAS UNTUK KENCING MALAM)

Malas Kencing Malam Bisa Bikin Serangan Jantung? Ini Faktanya


Simak Video "RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)