Minggu, 17 Nov 2019 10:01 WIB

Nyawa Nyaris Melayang Gara-gara Mr P Terinfeksi Parasit Saat Berenang

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Parasit schistosima bisa masuk menembus kulit (Foto: iStock) Parasit schistosima bisa masuk menembus kulit (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang pria Inggris mengalami infeksi saat berenang di sebuah danau, saat berada di Afrika pada 2017. Tanpa disadari, parasit tersebut masuk dan bertelur lewat Mr P lalu tumbuh hingga nyaris merampas nyawanya.

James Michael (32) asal London mengalami infeksi schistosomiasis, atau dikenal juga dengan istilah bilharzia. Beberapa ahli juga menyebutnya demam keong, karena parasitnya menular juga di perairan lewat keong.

Dalam setahun sepulang dari Afrika, James mengalami mati rasa di kakinya. Makin lama, ia kesulitan berjalan apalagi naik tangga.

Dokter saraf menyebut, tulang belakangnya diserang oleh sistem imun sehingga harus diberi steroid hingga 6 bulan. Namun pada saat itu, belum ada yang tahu apa yang sebenarnya terjadi.



Hingga akhirnya, dokter dari Hospital for Tropical Diseases mengatakan James mengalami infeksi schistosomiasis. Pria ini lalu diberi obat praziquantel untuk membunuh cacing di dalam tubuhnya.

"Ini membunuh infeksi tapi saya merasa lemah. Mereka bilan ada peluang 30 persen saya akan pulih sempurna 10 tahun dari sekarang," katanya, dikutip dari The Sun.

Apa itu Schistosomiasis? Dikutip dari WHO.int, Schistosomiasis merupakan infeksi parasit yang disebabkan oleh parasit berupa cacing dari genus Schistosoma. Infeksi umumnya didapat dari bentuk larva yang menembus kulit saat berada di perairan yang tercemar.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)