Senin, 18 Nov 2019 07:00 WIB

Berapa Konsumsi Air Putih dalam Sehari Supaya Tidak Sakit Jantung?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Banyak minum agar tidak sakit jantung (Foto: iStock) Banyak minum agar tidak sakit jantung (Foto: iStock)
Jakarta - Kebutuhan minum harian perlu dicukupi demi kesehatan tubuh termasuk jantung. Termasuk untuk kesehatan jantung, dengan mencegah penyakit dan gangguan akibat penurunan fungsi organ tersebut.

Untuk menjamin jantung yang sehat, berapa sebaiknya konsumsi air per hari? Apakah jumlah yang sama harus dikonsumsi jika pernah mengalami gagal atau gangguan jantung lainnya?

"Dalam kondisi sehat, sebaiknya konsumsi air putih sesuai kebutuhan. Umumnya sekitar dua liter per hari yang setara 8 gelas. Jumlah konsumsi biasanya dikurangi pada orang yang pernah gagal jantung sesuai saran dokter," kata dokter ahli penyakit dalam konsultan kardiovaskuler dr Eka Ginanjar, SpPD-KKV, FINASIM, FACP.



Gagal jantung dan gangguan lain mengindikasikan fungsi pompa yang tak lagi maksimal. Banyak minum air meningkatkan jumlah cairan di dalam tubuh yang mengakibatkan kerja jantung makin berat. Dokter biasanya menyarankan jumlah konsumsi air yang tepat sesuai kondisi pasien.

Untuk suhu air yang diminum, dr Eka mengatakan tak masalah hendak minum air yang dingin atau hangat. Suhu air akan menyesuaikan dengan tubuh saat sudah masuk saluran pencernaan. Konsumsi air dingin atau hangat sama baiknya untuk tubuh kecuali jika dokter menyarankan hal lain.



Simak Video "Benarkah Penderita Maag Tidak Boleh Minum Air Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)