Selasa, 19 Nov 2019 09:00 WIB

Makan Sembarangan, Pria Ini Kena Diabetes Hingga Nyaris Buta

Rosmha Widiyani - detikHealth
Diabetes bisa menyerang bila diet tidak dijaga. (Foto: iStock) Diabetes bisa menyerang bila diet tidak dijaga. (Foto: iStock)
Jakarta - Terbiasa makan di luar dan memesan melalui aplikasi, seorang pria mengalami diabetes yang menyerang mata atau biasa disebut diabetes retinopathy. Dikutip dari World of Buzz melalui Sina, makanan tidak sehat mempengaruhi penglihatannya yang semula dalam kondisi baik.

Pria yang diidentifikasi sebagai Lu tersebut menemukan bayangan hitam dalam penglihatannya. Lu yang berusia 33 tahun awalnya mengira terlalu lelah sehingga memutuskan istirahat. Namun setelah tiga minggu, kondisi penglihatan Lu tidak membaik dan harus ke dokter.


Hasil pemeriksaan dokter menyatakan, Lu terkena komplikasi diabetes yang mempengaruhi penglihatannya. Kondisi ini disebabkan kerusakan pembuluh darah pada retina yang ada di belakang mata. Lu kaget karena diabetic retinopathy bisa menyebabkan kebutaan jika tidak dirawat.

Saat diperiksa, kadar gula darah dalam tubuh Lu mencapai 17,2 mmol/L sebelum makan yang menandakan kondisi diabetes. Lu sendiri tidak tahu dirinya mengalami penyakit akibat pola hidup yang tidak sehat. Diabetes kemungkinan telah mempengaruhi hidup Lu selama 4-5 tahun.

Dokter menyatakan, diabetes diakibatkan kebiasaan Lu yang memesan atau sering makan di luar. Lu yang hidup sendiri tidak mau memasak dan lebih suka minum soft drink daripada air putih. Kebiasaan ini makin memperburuk kadar gula dalam tubuh hingga menjadi diabetes. Saat ini Lu tengah menjalani perawatan untuk memperbaiki kondisi tubuhnya.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)