Selasa, 19 Nov 2019 14:05 WIB

Soal ASI Sarwendah Diminum Anak Remaja: Kalau Tak Ada Manfaat, Ngapain?

Michelle Natasya - detikHealth
Sarwendah memiliki stok ASI perah untuk diberikan ke anak remajanya (Foto: Noel/detikFoto) Sarwendah memiliki stok ASI perah untuk diberikan ke anak remajanya (Foto: Noel/detikFoto)
Topik Hangat Anak Remaja Minum ASI?
Jakarta - Anak angkat dari pasangan Ruben Onsu dan Sarwendah sudah menginjak usia 14 tahun. Namun dikabarkan, ia kini rutin mengonsumsi Air Susu Ibu (ASI) Sarwendah.

Keinginan ini berawal lantaran ia tak pernah merasakan ASI dari ibu kandungnya. Ruben dan Sarwendah pun akhirnya mengizinkan. Bahkan, mereka menyiapkan kulkas khusus untuk menyimpan stok ASI-nya tersebut.

Bukan perkara baru memang remaja atau orang dewasa yang mengonsumsi ASI. Sempat menjadi tren juga beberapa waktu lalu, beberapa pria yang mengonsumsi ASI donor untuk menambah energi. Lalu, apakah ASI aman dikonsumsi remaja ataupun dewasa?

"Kalau dibilang aman, nanti orang akan anggap ya sudah konsumsi saja. Tapi kan boleh atau tidaknya ini sebetulnya harus lihat dulu manfaatnya, kalau nggak ada manfaatnya ya ngapain," kata dr Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, Satuan Tugas ASI IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) saat dihubungi detikcom, Selasa (19/11/2019).



Ia menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada penelitian manfaat ASI yang diminum saat remaja ataupun dewasa. ASI perah belum terbukti dapat mencegah maupun menyembuhkan penyakit ketika dikonsumsi langsung oleh remaja dan dewasa.

"Tujannya apa? Karena kalau bayi kan jelas tujuannya. Kalau untuk remaja atau dewasa saya nggak paham fungsinya apa," pungkas dr Wiyarni.



Simak Video "Ketika Anak Beranjak Remaja Minum ASI, Apa Efeknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Anak Remaja Minum ASI?