Selasa, 19 Nov 2019 19:02 WIB

Kenali Tanda dan Gejala Tumor Otak, Susah Tidur Salah Satunya

Nurul Khotimah - detikHealth
Ilustrasi tumor otak. Foto: thinkstock Ilustrasi tumor otak. Foto: thinkstock
Jakarta - Tumor otak merupakan salah satu penyakit yang mengkhawatirkan yang timbul akibat tumbuhnya jaringan abnormal di otak. Kondisi pasien tumor akan semakin memburuk jika tidak ditangani dengan baik.

Terkadang seseorang dengan tumor otak tidak menyadari bahwa dirinya memiliki tumor yang bersarang di kepala. Gejala-gejala yang relatif umum dan dianggap biasa kerap tidak menjadi perhatian khusus. Oleh karena itu memahami tanda dan gejala tumor otak sedini mungkin menjadi penting.

Berikut tanda dan gejala tumor otak seperti dikutip dari Cancer.net:



1. Sakit kepala
Sakit kepala adalah hal yang sering kali dialami oleh banyak orang. Tidak hanya pasien yang risiko tumor otak, orang awam pun sering mengalaminya. Namun rasa sakit yang mungkin parah dan memburuk dengan aktivitas atau saat di pagi hari bisa menjadi tanda awal adanya tumor di kepala Anda.

2. Kejang
Beberapa orang mungkin mengalami berbagai jenis kejang. Karena beberapa faktor seseorang dengan penyakit tertentu bisa mengalami kejang. Salah satunya pengidap tumor otak akan mengalami gejala kejang. Kejang sendiri adalah gerakan tiba-tiba pada otot.

3. Sulit tidur
Masalah sulit tidur bisa jadi sebagai tanda seseorang mengidap tumor otak. Karena sulitnya mendapatkan waktu tidur penderita tumor otak juga akan mudah dilanda rasa ngantuk.

4. Perubahan kepribadian atau memori
Ingatan yang menurun serta kepribadian yang cenderung berbeda dari kebiasaan sehari hari adalah gejala umum. Karena menyerang bagian otak memori penderita tumor otak akan terganggu.


5. Hilangnya keseimbangan tubuh
Kehilangan keseimbangan dan kesulitan dengan keterampilan motorik halus dihubungkan dengan tumor di otak kecil.

6. Perubahan indrawi
Perubahan dalam bicara, mendengar, ingatan, atau keadaan emosional, seperti agresivitas dan masalah memahami atau mengambil kata-kata dapat berkembang dari tumor di lobus frontal dan temporal otak besar.

7. Pudarnya rasa kepekaan
Penderita tumor otak akan mengalami perubahan persepsi tentang sentuhan atau tekanan, kelemahan lengan atau kaki pada 1 sisi tubuh, atau kebingungan dengan sisi kiri dan kanan tubuh terkait dengan tumor di lobus frontal atau parietal otak serebrum.

8. Hilangnya penglihatan
Gejala lebih lanjut dari tumor otak adalah hilangnya penglihatan sebagian bahkan total disebabkan oleh tumor di lobus oksipital atau lobus temporal otak besar.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)