Rabu, 20 Nov 2019 05:30 WIB

Round Up

Viral Paru-paru Menghitam karena Puluhan Tahun Merokok, Kok Bisa?

Michelle Natasya - detikHealth
Penampakan paru-paru menghitam karena rokok (Foto: Viral) Penampakan paru-paru menghitam karena rokok (Foto: Viral)
Jakarta - Sebuah video viral yang direkam oleh ahli bedah di Wuxi People's Hospital di Jiangsu, China menjadi viral setelah ditonton 25 juta kali di media sosial. Video tersebut memperlihatkan paru-paru yang menghitam.

Paru-paru dalam video tersebut ternyata milik seorang pria berusia 52 tahun yang meninggal karena mengidap beberapa masalah paru-paru. Diketahui bahwa pria tersebut sudah memiliki kebiasaan merokok selama 30 tahun.

Paru-paru dapat menghitam sebab ketika seseorang merokok, partikel beracun menyerang dalam jumlah banyak dan berulang. Akhirnya, makrofag yang seharusnya 'memakan' partikel beracun ini lumpuh dan menumpuk di paru-paru serta kelenjar getah bening. Paru-paru pun berubah warna menjadi gelap.

Dalam unggahan video tersebur, dr Chen menuliskan tagar 'jieyan' yang artinya 'berhenti merokok. "Lihatlah paru-paru ini, apakah kamu masih berani merokok?" tulisnya.



Melihat hal ini, dr Agus Dwi Susanto, Sp.P (K), FISR, FAPSR, Dokter Spesialis Paru di RS Paru Persahabatan mengatakan bahwa informasi terkait paru-paru perokok yang bisa menghitam ini sudah ada sejak lama. Hanya saja mungkin masyarakat baru menyadarinya.

"Baru tahu kalau paru perokok hitam? Itu dari lama juga sudah banyak info tersebut. Searching saja pasti sudah banyak tentang ini," katanya saat dihubungi detikcom, Selasa (19/11/2019).

Menurut dokter Agus, semakin banyak rokok yang dihisap, semakin cepat pula paru-paru menghitam. Hal ini dikarenakan karbon hasil dari pembakaran.

Sering beredar di media sosial tentang ramuan minuman yang bisa membantu 'membersihkan' paru-paru dari efek buruk rokok, seperti contoh minuman soda susu. Sebagian juga percaya ramuan bawang putih, jahe, dan madu bisa menghilangkan nikotin dan tar pada paru-paru.

Mengomentari hal ini, dr Agus menegaskan bahwa tidak ada metode yang bisa membersihkan paru-paru dari bahan kimia rokok. Solusinya hanya satu yaitu berhenti merokok.



Simak Video "Viral Video Paru-paru Jadi Hitam karena Merokok Puluhan Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)