Kamis, 21 Nov 2019 10:42 WIB

1.000 PNS akan Kerja dari Rumah, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Widiya Wiyanti - detikHealth
PNS yang sedang dalam perjalanan dari kantor. Foto: Agung Pambudhy PNS yang sedang dalam perjalanan dari kantor. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) rencananya akan menerapkan konsep smart office yang salah satu tindakannya adalah dengan tidak mewajibkan pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) datang ke kantor.

"Itu ada konsep ASN kan kalo kalian kerja ini lebih enak yang fleksibel kan, nah mungkin generasi-generasi di bawah kalian ke depan juga akan dengan cara-cara seperti itu jadi kenapa nggak kita akomodir," kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa seperti yang diberitakan detikcom, Rabu (20/11/2019).



Selain lebih fleksibel, ternyata kerja dari rumah atau di mana saja selain datang ke kantor memiliki beragam manfaat untuk kesehatan lho. Dikutip dari Fox News, berikut manfaat yang bisa dirasakan:

1. Stres berkurang

Kebanyakan orang yang harus bekerja ke kantor menjadi mudah stres karena perjalanan yang menguras tenaga, beban keuangan pada transportasi, atau beban biaya penitipan anak. Namun semua itu bisa teratasi jika karyawan bekerja di rumah.

Sebuah penelitian dalam Journal of Health Economics menemukan bahwa perjalanan ke dan dari tempat kerja berdampak negatif pada kesehatan mental wanita, terutama ibu yang memiliki anak usia pra sekolah. Terlebih lagi, 75-90 persen penyakit dipicu oleh stres.



2. Pola hidup menjadi lebih sehat

Orang yang bekerja ke kantor cenderung melewatkan sarapan, makan siang sambil bekerja, atau memesan makanan cepat saji untuk makan malam. Namun, jika Anda bekerja dari rumah, semua itu dapat berubah menjadi pola hidup yang lebih sehat.

"Anda memiliki lebih banyak pilihan untuk makan lebih baik ketika Anda mengendalikan lingkungan Anda, dan Anda berada di rumah," kata seorang pengusaha sekaligus mentor bisnis untuk wanita, Ali Brown.

Brown juga mengatakan bahwa dengan bekerja di rumah, Anda memiliki waktu lebih banyak untuk menyiapkan makanan sehat untuk keluarga. Ditambahkan dokter dari Boston Medical Center, dr Ash Nadkarni, orang yang bekerja di rumah lebih merasa bebas dalam mengatur waktu sehingga dapat mudah melakukan olahraga secara teratur dan beristirahat cukup. Mereka juga dapat lebih memerhatikan diri sendiri dan menjalani hidup lebih sehat.

3. Hidup seimbang

Kebanyakan kerja tidak baik untuk kesehatan, maka sangat penting menyeimbangkan antara kerja dan kehidupan lainnya. Salah satu caranya adalah dengan bekerja dari rumah. Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh Staples Advantage, lebih dari 80 persen karyawan mengatakan bahwa mereka memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik karena bekerja dari rumah.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)