Kamis, 21 Nov 2019 12:05 WIB

Suntikkan Minyak agar Otot Seperti Popeye, 1,3 Kg Otot Lengan Pria Ini Mati

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kirill Tereshin dengan lengan besarnya. Foto: Instagram
Jakarta - Binaraga Kirill Tereshin (23) diperingati dokter bahwa nyawanya terancam, atau paling tidak tangannya diamputasi setelah otot lengannya yang besar seperti Popeye mati. Hal ini disebabkan aksi nekatnya pada tahun 2017 lalu.

Kirill menyuntikkan minyak khusus yang disebut synthol ke lengannya. Hanya dalam 10 hari, lingkar lengannya bertambah 25 cm. Pria asal Pyatigorsk, Rusia itu pun menyuntikkan berliter-liter minyak ke lengannya untuk membangun otot trisep dan bisep hingga lengannya berukuran sekitar 61 cm.

Sayangnya kini dokter memperingati Kirill bisa kehilangan lengannya atau bahkan meninggal jika otot lengannya itu tidak segera diangkat. Ahli bedah dari Sechenov Moscow State Medical University, dr Dmitry Melnikov mengatakan bahwa minyak yang diinjeksikan itu juga berjenis petroleum jelly yang memenuhi jaringan otot dan menghambat aliran darah.

"Akibatnya jaringan mati dan diganti dengan bekas luka yang sekuat pohon, Anda bahkan dapat mengetuknya dan mendengar suaranya," ujarnya dikutip dari The Sun.



Massa otot yang mati itu pun diangkat melalui prosedur operasi. Beratnya mencapai 1,3 kilogram dari salah satu lengan Kirill. Gumpalan otot itu dipegang oleh dr Melnikov. "Ini dia, jaringan parut dengan potongan otot," ungkapnya.

Para dokter telah melakukan 25 persen perbaikan pada lengan Kirill. Masih tersisa satu lengan lagi, dr Melnikov menuturkan bahwa para dokter harus hati-hati dalam melakukan prosedur operasi karena vena, saraf, dan fungsi anggota tubuh yang lain harus terjaga.

dr Melnikov menambahkan, Kirill masih terbilang beruntung karena kerusakan yang terjadi tidak menyebar ke seluruh tubuhnya. Ia menyarankan, petroleum jelly hanya digunakan untuk pemakaian eksternal dan tidak disuntikkan ke dalam tubuh.



Simak Video "Menepuk Lengan Kiri Dapat Atasi Jantung, Hoax atau Tidak?"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)