Jumat, 22 Nov 2019 05:30 WIB

Viral Youtuber Tendangi Kakek, Ini Kata Psikolog Soal Ledakan Amarah

Nurul Khotimah - detikHealth
Dalam sebuah video yang viral, seorang youtuber menendang kakeknya sendiri (Foto: Foto: Tangkapan layar video viral di Instagram) Dalam sebuah video yang viral, seorang youtuber menendang kakeknya sendiri (Foto: Foto: Tangkapan layar video viral di Instagram)
Jakarta - Viral video youtuber yang menendang kakeknya sendiri. Yusminardi (22) atau Iyus Sinting yang dikenal sebagai youtuber asal Kendal, Jawa Tengah, ini tega menendangi kakeknya sendiri hanya karena masalah ikan.

Emosi Iyus yang meledak-ledak menjadikannnya tak terkendali saat dihadapkan perihal ikan pelliharaannya ada di dalam bak mandi. Meski pelaku berkelit rasa marahnya bukan karena ikan, namun tetap saja perilaku seperti itu tak seharusnya dilakukan.

Seorang praktisi psikologi, Nuzulia Rahma Tristinarum, mengatakan bahwa ketika seseorang marah melebihi kadar wajar itu berarti orang tersebut sangat tertekan. Ada akumulasi kemarahan-kemarahan yang sebelumnya (bisa jadi sudah berlagsung lama tapi masih dipendam yang lalu meledak pada saat tertentu.



Meski perilaku seperti ini dinilainya salah, Nuzulia menyarankan untuk tidak langsung menghakimi pelaku. Perlu melihat persoalannya dari banyak sudut pandang.

Perlu diketahui lebih jauh lagi sumber masalah sebenarnya agar tidak menjadi persepsi yang salah. Karena perilaku ini dianggap kurang tepat dan perlu ada konsekuensi tersendiri.

"Mengenai perilakunya sendiri, sekalipun tidak disengaja memang tetap perlu mendapat konsekuensi. Sebagai pembelajaran bagi pelaku dan orang lain. Namun baik juga jika diselesaikan dengan kekeluargaan," jelasnya saat dihubungi detikcom, Kamis (21/11/2019).



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)