Minggu, 24 Nov 2019 09:19 WIB

Mager Keluar Rumah Saat Hujan? Siapkan Camilan Sehat Ini

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Musim hujan tidak hanya identik dengan cuaca dingin yang membuat daya tahan tubuh rentan terhadap berbagai penyakit. Di sisi lain dinginnya cuaca saat hujan juga tidak lepas dari perut yang selalu terasa lapar dan kebiasaan mager atau males gerak.

Intensitas hujan yang sering turun tidak terduga belakangan ini pun, membuat suasana tersendiri yang memicu pikiran untuk membayangkan menyantap berbagai makanan sekaligus agar asupan nutrisi tetap terjaga dan rasa lapar menjadi hilang.

"Perubahan cuaca ini tentu membuat suhu tubuh juga menurun, menyesuaikan dengan suhu lingkungan. Sebagai kompensasi, tubuh akan mencari cara untuk menambah panas dan makan adalah salah satu caranya," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur kepada detikHealth baru-baru ini.


Menurut dr Muliaman di dalam tubuh makanan yang sudah dikonsumsi akan diubah menjadi sumber energi. Energi ini dapat digunakan kembali oleh tubuh untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk menaikkan suhu tubuh yang menurun tersebut.

"Saat musim dingin ini makanan juga harus tetap dikontrol. Cara mengakalinya sebenarnya adalah mengatur pola makan dan aktivitasnya. Kalau ingin makan pada saat dingin mungkin pilih snack atau camilan yang sehat yang memiliki serat yang tinggi yang dapat menahan rasa lapar lebih lama," jelasnya.

dr Muliaman menyebutkan cemilan yang kalorinya terkontrol dan berasal dari biji-bijian multigrains seperti oat, barley, gandum utuh, jagung, kacang yang biasanya digabungkan dalam satu kombinasi makanan selingan atau snack tentu akan memberikan manfaat seperti serat tinggi dapat mengontrol gula tidak langsung meningkat tajam ketika di konsumsi.


"Kombinasi grains ini disebut dengan multi grains yang terdapat dalam camilan sehat seperti Fitbar dengan kalori terukur yang memberikan kenyang lebih lama walau saat musim hujan," pungkasnya.

Fitbar merupakan camilan yang enak dan sehat karena bebas kolesterol dan bebas lemak trans. Fitbar terdiri dari tiga varian rasa, yakni Chocolate Fitbar, Fruits Fitbar, dan Nuts Fitbar.

Simak Video "Penggunaan Massal Vaksin GX19 Diprediksi di Agustus 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)