Minggu, 24 Nov 2019 12:00 WIB

Terpopuler Sepekan

Hoax Serangga Misterius Bikin Tangan Bolong, Nggak Kuat Jangan Lihat!

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Bagi pengidap trypophobia, editan gambar ini bisa bikin merinding (Foto: viral)
Jakarta - Ulasan tentang hoax serangga misterius menjadi salah satu artikel terpopuler pekan ini. Disebutkan, efek serangga ini menyebabkan tangan bolong-bolong dan bikin merinding para pengidap trypophobia alias phobia benda berlubang.

"INGAT, KALAU LIHAT SERANGGA INI. DOKTR SPESIALIS, TAM MAMPU MENGOBATI," demikian narasi yang menyertai gambar tangan bolong-bolong, yang belakangan terungkap cuma hasil editan.

Hoax tersebut sebenarnya sudah cukup lama beredar dan sudah banyak pula yang mengupas fakta di baliknya. Namun tetap saja, masih ada yang iseng menyebarkannya lagi.



Meski cuma hoax, gambar tangan bolong hasil editan ini cukup mengerikan.Meski cuma hoax, gambar tangan bolong hasil editan ini cukup mengerikan. Foto: Tangkapan layar Facebook


Gambar serangga yang disertakan dalam hoax itu sendiri sebenarnya tidak misterius-misterius amat. Penelusuran gambar menunjukkan serangga itu tak lain adalah Giant Water Bug dari jenis Belostomatidae.

Menurut para ahli, serangga ini memang agresif dan bisa menggigit ketika merasa terganggu. Gigitannya memang terasa sakit karena mengandung racun, tetapi yang pasti tidak sampai membuat tangan bolong-bolong.



Simak Video "Epidemiolog Soroti Cara Pemerintah Tangkal Hoax Konspirasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)