Minggu, 24 Nov 2019 18:38 WIB

Nadiem Soroti Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak, Psikolog: Betul Banget

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Nadiem Makarim. Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Jakarta - Pidatonya untuk Hari Guru viral, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memaparkan alasan di baliknya di dalam acara talkshow Mata Najwa. Selain peran guru, ia juga menyoroti peran dan andil orangtua dalam pendidikan anak.

Ia menyuarakan agar para orangtua turut andil dalam pendidikan putra-putri mereka. Nadiem berharap ke depannya guru diberi kesempatan berinovasi dan siswa jadi menikmati proses belajar.

"Membuat murid merasa oh saya bisa ya, itu esensinya," tuturnya, seperti dikutip dari detikcom.

Senada dengan alasan Nadiem, CEO Personal Growth, Ratih Ibrahim, SPsi, menyebut orangtua adalah pendidik pertama dan pendidik utama serta teladan hidup bagi anak-anaknya.


"Nadiem mengajak kita semua, terutama orang tua secara aktif melibatkan diri dalam pendidikan anak-anaknya. Menurut saya, Nadiem betul banget. Kita, Indonesia membutuhkan anak-anak kita untuk Indonesia masa depan. Our children are our future. Menjadi orangtua itu berkat sekaligus amanah dari Tuhan Allah. Ini serius," tutur Ratih kepada detikcom, Minggu (24/11/2019).

Tak hanya Ratih, beberapa pemerhati dan publik figur juga mengomentari dan menyuarakan pendapatnya akan pidato Hari Guru yang viral tersebut. Salah satunya adalah artis Dian Sastrowardoyo, yang mengungkapkan melalui akun-akun media sosialnya.


Ratih mengimbau untuk tidak nyinyir ataupun sinis dengan ajakan Nadiem, justru sebaiknya menyambut dan bergerak bersama mewujudkan pendidikan bermutu untuk anak-anak kita untuk masa depan Indonesia nantinya.

"Maka ajakan Nadiem harus kita sambut dan kerjakan dengan sekuat tenaga. I am with Nadiem," tandasnya.



Nadiem Soroti Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak, Psikolog: Betul Banget


Simak Video "Ini Tito, Llama yang Antibodinya Diuji untuk Terapi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/kna)