Minggu, 24 Nov 2019 20:00 WIB

Peran Guru yang Benar dalam Tumbuh Kembang Anak Menurut Psikolog

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom
Jakarta - Dalam pidatonya yang viral, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengangkat berbagai masalah guru dan mengaku tak akan memberi janji kosong. Baginya, menjadi guru adalah tugas yang termulia sekaligus yang tersulit, karena ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.

Menurut CEO Personal Growth, Ratih Ibrahim, SPsi, guru punya peran yang super signifikan terhadap tumbuh kembang siswa. Guru yang visi dan misi hidupnya sepenuhnya untuk mendidik anak didiknya menjadi pribadi-pribadi yang unggul.

"Untuk itu guru yang antusias, yang bekerja dengan passion, passionate adalah guru yang membantu anak-anak didik tumbuh menjadi pribadi yang serupa dengan dia. Karena guru adalah teladan. Kita butuh guru yang gembira dan positif," kata Ratih kepada detikcom melalui pesan singkat, Minggu (24/11/2019).


Ratih juga menyebutkan bahwa Indonesia membutuhkan guru yang berdaya juang dan kreatif. Dan tentunya yang sangat Indonesia, yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan sungguh-sungguh.

"Guru yang setia dengan profesinya. Guru yang sayang dengan anak didiknya," imbuh dia lagi.

Tak hanya guru, Nadiem juga menyuarakan agar para orangtua turut andil dalam pendidikan putra-putri mereka. Nadiem berharap ke depannya guru diberi kesempatan berinovasi dan siswa jadi menikmati proses belajar.

"Nadiem mengajak kita semua, terutama orang tua secara aktif melibatkan diri dalam pendidikan anak-anaknya. Menurut saya, Nadiem betul banget. Kita, Indonesia membutuhkan anak-anak kita untuk Indonesia masa depan. Our children are our future. Menjadi orangtua itu berkat sekaligus amanah dari Tuhan Allah. Ini serius," pungkasnya.



Peran Guru yang Benar dalam Tumbuh Kembang Anak Menurut Psikolog


Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/kna)