Selasa, 26 Nov 2019 13:45 WIB

Agnez Mo, Ariel NOAH & Najwa Shihab: Siapa Darahnya Paling Indonesia?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Agnez Mo, Ariel NOAH, dan Najwa Shihab, siapa yang paling berdarah Indonesia? Foto: diolah tim detikHealth
Jakarta - Agnez Mo menghebohkan netizen Indonesia karena potongan video dirinya yang tengah diwawancarai Build Series by Yahoo mendadak viral. Dalam video tersebut, Agnez mengucapkan bahwa dirinya tidak mempunyai darah Indonesia.

"Sebenarnya, aku tidak punya darah Indonesia atau apapun itu. Aku (berdarah) Jerman, Jepang, China, dan aku hanya lahir di Indonesia," katanya.

Hal seperti ini sudah jelas ditentukan oleh DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) atau asam deoksiribonukleat yang berbeda pada setiap individu diwariskan dari kedua orang tuanya. DNA setiap orang sangat beragam. Sebelumnya, Ariel NOAH dan Najwa Shihab menjadi relawan dalam sebuah proyek DNA untuk mengetahui berasal dari mana gen yang ada di tubuhnya.

Berdasarkan grafik, Ariel memiliki gen 79,78 persen gen Asia Selatan, seperti India, Bangladesh, Nepal, Srilanka, dan Pakistan. Vokalis Band Noah ini pun memiliki gen Asia Timur seperti Jepang sebanyak 15,14 persen, 5,02 persen memiliki gen Diaspora Asia (Asia-Amerika). Ariel juga sedikit memiliki gen dari Timur Tengah seperti Yunani dan Republik Siprus lho, walau hanya 0,05 persen.



Sementara itu, jurnalis ternama Najwa Shihab memiliki gen yang sangat kompleks. Dari wajah terlihat bahwa Nana, sapaan akrabnya, tampak seperti keturunan Arab. Namun siapa sangka, dari hasil tes DNA, gen Arab atau Timur Tengahnya hanya sekitar 3,48 persen.

Gen yang paling dominan dari Nana adalah 48,54 persen berasal dari Asia Selatan, seperti Nepal, India, Bangladesh, Tamil. 26,81 persen dari Afrika Utara seperti Maroko, Algerian, Aljazair, Berbers. Lalu 6,06 persen dari Afrika (Mozambik), 4,19 persen dari Asia Timur (Tiongkok), 2,20 persen dari Eropa Selatan (Portugis), 1,91 persen dari Eropa Utara (Dorset), 1,43 persen dari Diaspora Asia (Asia-Amerika), dan 1,22 persen dari Diaspora Eropa (Puerto Rico).

Jika dilihat dari hasil tes DNA Ariel Noah dan Najwa Shihab, tidak ada gen yang 'murni' berasal dari Indonesia. 'Darah' Indonesia berasal dari berbagai gen di seluruh dunia.

Ahli genetika sekaligus periset dari Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Prof Herawati Sudoyo, PhD pernah mengatakan bahwa orang Indonesia bukan berasal dari satu gen dan bukan pula dari suku tertentu.

"Pribumi dalam hal ini mengacu pada suku tertentu yang menjadi asal usul penduduk. Penduduk Indonesia tidak berasal dari suku tertentu. Leluhur kita berasal dari berbagai wilayah di dunia yang bermigrasi dan mewariskan DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) serta karakter lain pada keturunannya," katanya saat diwawancarai detikcom pada Sabtu (19/10/2019).

Mau tahu leluhur orang Indonesia sebenarnya berasal dari mana? Baca artikel di bawah ini.



Simak Video "Menelisik soal 'Darah Indonesia' yang Heboh Gara-gara Agnez Mo"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)