Selasa, 26 Nov 2019 18:13 WIB

Diabetes Juga Dipengaruhi Genetik, Waspada Jika Ada Keluarga yang Kena

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jaga pola makan dan rajin olahraga bisa mencegah diabetes (Foto: iStock) Jaga pola makan dan rajin olahraga bisa mencegah diabetes (Foto: iStock)
Jakarta - Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang umum diidap di Indonesia. Gaya hidup yang tidak sehat, membuat penyakit diabetes tak lagi hanya menyerang orang tua, namun juga kalangan anak muda. Salah satu faktor utama seseorang terkena diabetes adalah faktor genetik. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa memiliki keluarga yang menderita diabetes berkaitan dengan peningkatan risiko terkena diabetes.

Pakar diabetes Prof Dr dr Sidartawan Soegondo, SP.PD-KEMD, mengungkap pentingnya peran keluarga untuk mencegah peningkatan pengidap diabetes khususnya pada remaja. Sebab, diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi penyakit bahkan kematian.

"Keluarga berperan penting dalam deteksi, cegah diabetes tipe 2, dan tangani anggota keluarga dengan diabetes. Dalam deteksi, peran keluarga adalah mengetahui gejala dan ciri diabetes untuk mempercepat penanganan dan mencegah komplikasi. Terutama pada diabetes tipe 1 yang jika tidak dideteksi dini dapat menyebabkan disabilitas dan menimbulkan kematian," ujarnya saat dijumpai di daerah Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019).



Meski tak selalu, diabetes karena faktor genetik cukup sering ditemukan. Faktor risiko diabetes tipe 2 ini dipengaruhi oleh kombinasi berbagai faktor risiko yang meliputi faktor genetik dan faktor lingkungan.

Menurut Prof Sidartawan, sosialisasi pentingnya peran keluarga ini dapat mencegah, dan menekan angka pengidap diabetes yang terus menaik dari tahun ke tahun. "Dianjurkan untuk sama-sama menggerakkan gaya hidup sehat, dan edukasi mengenai pencegahan juga harus dijalankan terus menerus," lanjut Prof Sidartawan.

Pencegahan diabetes bisa dimulai dari mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Prof Sidartawan mengatakan pentingnya memperbaiki pola hidup sehat di keluarga, demi memaksimalkan pencegahan yang selama ini terlewati.

"Umumnya diabetes memang sering menyerang seseorang yang memiliki keturunan riwayat penyakit diabetes. Jika satu keluarga baik bapak dan ibunya mengidap diabetes, bagaimana akan menghindari diabetes pada anaknya jika tidak diawali dengan perhatian pada satu sama lain yang memulai hidup sehat," pungkas Prof Sidartawan.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)