Rabu, 27 Nov 2019 13:15 WIB

Mengenal Biji Chia, Makanan Super Penangkal Ragam Penyakit

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Bagi pencinta makanan organik, biji chia atau chia seed menjadi salah satu makanan super yang banyak dikagumi. Meski merupakan biji-bijian kecil, makanan ini dikatakan memiliki ragam manfaat yang sangat baik bagi tubuh sehingga mampu menangkal ragam macam penyakit yang mematikan.

"Di antaranya, mengurangi risiko penyakit jantung, membantu mengontrol penyakit gula darah, hingga membantu menghentikan aktivitas radikal bebas," ujar Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma dr Helmin Agustina Silalahi kepada detikHealth, baru-baru ini.

Menurut dr Helmin, tanaman chia (salvia hispanica) yang berasal dari Meksiko dan Guatemala ini telah menjadi bagian dari makanan manusia selama sekitar 5.500 tahun. Biji chia juga menjadi bagian dari nutrisi manusia sejak 1500 SM.


"Secara tradisional biji chia digunakan sebagai makanan, dalam berbagai obat-obatan tradisional, kosmetik dan bagian dari ritual keagamaan, banyak digunakan di banyak negara sejak ribuan tahun karena potensi nutrisi dan terapeutiknya yang sangat besar," terangnya.

Mengingat biji chia berasal dari bahan alam yang aman, tentunya hal ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, khususnya dalam memproteksi penyakit jantung seperti mencegah penyerapan kolesterol dari saluran cerna, menjaga berat badan, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

"Selain itu, chia seeds juga dapat mengendalikan diabetes, menurunkan kolesterol LDL yang buruk dan meningkatkan kolesterol HDL, hingga dapat mengontrol hipertensi dan trigliserida," ungkapnya.


Karena itu, konsumsi biji-bijian padat nutrisi seperti H2 Chia Seed sangat baik bagi perkembangan tubuh. Ini menjadi alternatif dalam pemenuhan nutrisi seperti omega-3, protein, kalium, magnesium serat pangan, dan kalsium. (prf/up)