Kamis, 28 Nov 2019 12:01 WIB

Jangan Sampai Sakit, Jaga Kondisi Kehamilan di Musim Hujan

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta -
Musim hujan di penghujung tahun tentu menyenangkan bagi sebagian orang di Indonesia. Suhu yang dingin dengan udara sejuk dan wangi khas petrichor membuat semua orang terbuai menikmatinya.

Meski demikian, ternyata musim hujan juga membawa ragam bibit penyakit yang menular bagi siapapun termasuk anak-anak dan orang dewasa. Tidak terkecuali, perempuan yang sedang hamil.


Mengingat saat musim hujan sistem imun perempuan hamil lebih lemah dan rentan terhadap penyebaran infeksi, sehingga membutuhkan perhatian berlebih dari orang tersayang untuk dapat menjaga kondisi kehamilannya.

Itulah sebabnya, perempuan yang sedang hamil perlu berhati-hati dalam menjaga kesehatan dalam musim penghujan ini. Lantas seperti apa cara sehat hadapi musim hujan ini?

Perempuan hamil bisa konsumsi makanan hangat yang sehat dan bergizi untuk menciptakan kondisi yang baik saat musim hujan ini. Lengkapi kebutuhan tubuh dengan komposisi yang tepat, baik dari karbohidrat, protein, mineral, hingga vitamin.

Setelah melengkapi dengan makanan hangat bernutrisi, tak ada salahnya jika Anda juga menyelipkan multivitamin. Multivitamin ini akan membantu menjaga daya tahan tubuhnya saat musim penghujan, terlebih di tengah banyaknya aktivitas.

Namun, jika demam dan flu sudah terlanjur menyerang perempuan hamil di tengah musim hujan ini, segeralah hubungi dokter. Jika Anda sibuk untuk pergi ke rumah sakit, tak perlu khawatir. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara online.


Kini sudah ada aplikasi konsultasi dokter yang menyediakan layanan konsultasi kesehatan secara online. Sebelum berkonsultasi, pintarlah dalam memilih dokter. Jangan tertipu dengan penampilan, dan pastikan ia memiliki sertifikasi dokter dari badan terpercaya. Barulah Anda bisa bertanya langsung kepada mereka melalui fitur live chat.

Seperti aplikasi KlikDokter yang menyajikan fitur tersebut. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara gratis dan dalam waktu 24 jam. Jadi, jika demam menyerang di malam hari, Anda bisa langsung menangani segera dengan dibimbing oleh dokter tersebut. (ega/ega)