Kamis, 28 Nov 2019 15:37 WIB

Saran Netizen 'Budak Korporat' yang Viral Agar Tak Sakit Kelamaan Kerja

Rosmha Widiyani - detikHealth
Viral cerita seorang karyawan yang sakit karena jarang stretching saat bekerja. (Foto: Thinkstock) Viral cerita seorang karyawan yang sakit karena jarang stretching saat bekerja. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Cerita viral 'budak korporat' membuka wawasan terkait pentingnya menjaga posisi tubuh saat sedang bekerja, apalagi jika sering menghadap laptop dalam waktu lama. Posisi tubuh yang benar mencegah sakit pada kepala dan leher sebelum terkena gangguan.

"Yang pertama perbaiki posisi tubuh. Kalau sudah ngerasa ada yang nggak bener sebaiknya segera ke rumah sakit," kata Ame Maryunita, yang mengunggah kisahnya lewat akun Twitter @Ame. dan Instagram story @A.weso.me.

Ame yang mengalami cervical syndrome saat ini sedang menjalani fisioterapi untuk memperbaiki kondisi tubuhnya. Sesuai pengalamannya, Ame berbagai saran untuk mencegah rasa sakit di kepala dan leher yang bisa berujung cervical syndrome.


1. Memperbaiki posisi tubuh

Sebelum sakit di kepala dan leher, Ame ternyata lebih sering tidur menghadap ke kanan. Akibatnya ada tekanan di bahu kanan hingga terasa tidak nyaman.

Dikutip dari situs National Sleep Foundation, posisi tidur terbaik adalah dengan berbaring telentang. Posisi ini memungkinkan kepala, leher, dan tulang punggung beristirahat di posisi yang netral. Jika ingin pakai bantal sebaiknya jangan terlalu tinggi, asal masih memungkinkan perut lebih rendah daripada kepala untuk menjaga posisi asam lambung.

2. Laptop dan handphone selurusan mata

Ame yang bekerja di sebuah startup, lebih sering menyelesaikan pekerjaan dengan laptop daripada komputer. Dia juga sering bekerja atau rapat di kafe dengan kursi yang tidak ergonomis. Menurut Ame posisi kepalanya kerap lebih maju daripada tubuh sehingga seperti ular.

"Posisi layar laptop atau handphone sebaiknya selurusan mata untuk menjaga posisi tubuh. Sekarang saya kalau pakai handphone layarnya diangkat supaya selurusan mata," kata Ame.

3. Jangan asal pijat

Jika merasa ada yang salah dengan kondisi tubuh, Ame menyarankan konsultasi ke dokter. Semakin cepat ditangani maka tubuh bisa segera pulih dan beraktivitas normal.

"Kalau emang kalian ngerasa badan kalian ga bener, better jangan dipijit pleasseee bgt nanti syaraf lo kena. Cek dokter, kalau boleh bertindak preventif daripada keburu kena," tulis Ame dalam Twitternya.

4. Rajin stretching

Ame juga mengingatkan rajin stretching apalagi bagi yang sering bekerja dengan laptop. Stretching bisa dilakukan dua jam sekali selama lima menit.

"Sama yang suka kerja depan laptop, jangan lupa stretching 2 jam sekali yaaaaaa, cuma 5 menit kok gengs, gak lebih lama dari break udut atau coffee break," tulis Ame.



Simak Video "Viral Cerita Karyawan Sakit Leher Menahun Karena Kelamaan Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)