Jumat, 29 Nov 2019 11:15 WIB

HyunA Sering Pingsan karena Vasovagal Syncope, Kondisi Apa Itu?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
HyunA mengidap kondisi lain yang disebut vasovagal syncope. (Foto: Cube Entertainment.) HyunA mengidap kondisi lain yang disebut vasovagal syncope. (Foto: Cube Entertainment.)
Jakarta - Bintang K-pop HyunA, yang dulunya tergabung dalam 4Minute, mengungkapkan kepada penggemarnya tentang penyakit yang ia alami. Setelah terdiagnosis dengan depresi dan gangguan panik pada 2016, saat ini ia mengidap kondisi lain yang disebut vasovagal syncope atau sinkop vasovagal.

Dalam postingannya di Instagram, ia menuliskan detail perjalanan kesehatan mentalnya dan mengenai vasovagal syncope yang sering membuatnya pingsan. Kala itu penglihatannya sering kabur dan pingsan. Beberapa kali ia berpikir itu adalah gejala dari gangguan panik sehingga mengabaikannya.

"Namun dokter menyarankan untuk ke rumah sakit sehingga saya bisa melakukan beberapa tes. Saat tes gelombang otak, saya baru mengetahui mengidap sinkop vasovagal," tulisnya di akun Instagram pribadi miliknya, dikutip dari Soompi.


Melansir Mayo Clinic, sinkop vasovagal terjadi ketika tubuh bereaksi berlebihan terhadap pemicu tertentu misal melihat darah atau tekanan emosional ekstre. Sinkop vasovagal dapat menyebabkan detak jantung dan tekanan darah turun secara drastis dan membuat berkurangnya aliran darah ke otak yang menyebabkan kehilangan kesadaran.

Kondisi ini juga bisa terjadi akibat efek samping dari obat-obatan, terutama antidepresan dan obat yang mempengaruhi tekanan darah. Selain reaksi emosi yang kuat, pemicu sinkop vasovagal meliputi:

- Langsung berdiri setelah duduk atau berbaring
- Berdiri untuk waktu lama
- Terlalu panas
- Aktivitas fisik yang intens
- Sakit parah
- Batuk hebat



Simak Video "Gemerlap Dunia Selebriti dan Jurang Gelap Depresi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)