Jumat, 29 Nov 2019 14:10 WIB

Cara Jaga Kadar Kolesterol agar Tak Naik Sehabis Makan Enak

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta -

Makanan enak, seperti seafood, kerap kali dikaitkan dengan kenaikan kolesterol dalam tubuh. Sehingga banyak orang menghindari seafood hingga daging kambing agar kolesterol tak naik. Padahal banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari lonjakan kolesterol dalam tubuh dengan tidak menghindari ragam makanan enak untuk konsumsi.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur makanan enak berlemak tinggi biasanya akan diserap sebagai sumber tenaga, tapi karena makannya kebanyakan dan kurang aktivitas maka lemak ini akan menumpuk di bagian tubuh mulai di pembuluh darah, pinggul dan perut.

"Lemak yang menumpuk di bagian ini sering disebut sebagai lemak viseral. Menurut para ahli lemak viseral dikenal sebagai pencetus penyakit kardiovaskular (jantung pembuluh darah) seperti hiperkolesterolemia yang bisa menyebabkan stroke dan penyakit jantung koroner," ujar dr Muliaman kepada detikHealth Jumat (29/11/2019).

Meski demikian, dr Muliaman menyebutkan keberadaan kolesterol sejatinya sangat dibutuhkan untuk menunjang proses metabolisme tubuh. Seperti, membantu produksi vitamin D yang nantinya berguna untuk tulang dan gigi dan melindungi sel seperti sel otot dan sel saraf.

"Adapun manfaat lainnya yakni, pembentukan asam empedu untuk penyerapan lemak, pembentuk hormon untuk keseimbangan cairan dan hormon organ sexual hingga menjaga fungsi otak," terangnya.

"Tapi ingat hanya lemak yang baik yang dibutuhkan tubuh, lemak yang jahat malah akan berbahaya menempel di pembuluh darah dan menyumbat dan pecah yang sering disebut dengan stroke," imbuhnya.

Oleh karena itu, dr Muliaman menyarankan mengimbangi makanan enak dengan makanan sehat tanpa minyak, mentega dan butter. Selain itu, Anda juga bisa kurangi stres dan begadang dengan meningkatkan aktivitas fisik seperti olahraga ringan, sehingga kalori dalam terbakar dengan baik.

Anda juga dapat mencegah kolesterol tinggi dengan mengonsumsi Nutrive Benecol 2x sehari setelah makan utama secara rutin. Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah 7-10% jika dikonsumsi teratur 2 kali sehari dalam 2-3 minggu.





Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)