Jumat, 29 Nov 2019 15:31 WIB

Bintang Kpop HyunA Buka-bukaan Soal Kondisi Mental, Ini Alasannya

Nurul Khotimah - detikHealth
Kesehatan mental jadi isu serius di kalangan bintang Kpop (Foto: Instagram hyunah_aa) Kesehatan mental jadi isu serius di kalangan bintang Kpop (Foto: Instagram hyunah_aa)
Jakarta - Salah satu bintang K-Pop, HyunA baru-baru ini mengungkapkan bahwa dirinya mengalami depresi. Dalam caption yang diunggah di akun instagramnya ia menceritakan alasannya membuka diri terkait kesehatan mental yang dialami.

Penyanyi berusia 27 tahun itu mengatakan, untuk pertama kalinya dokter mendiagnosanya menderita depresi dan gangguan panik saat ia dirawat di rumah sakit pada 2016 silam. Namun, baru satu tahun setelah dirawat ia baru menyadari kondisinya.

"Saya tidak tahu saya sakit. Namun, karena orang-orang hebat dan penggemar yang selalu bersama saya, saya hanya berpikir saya baik-baik saja. Saya menundanya, mengatakan itu tidak benar dan saya baik-baik saja, tetapi kemudian saya tahu ketika saya pertama kali pergi ke rumah sakit pada tahun 2016 bahwa saya sakit mental," ungkapnya dalam caption instagram, dikutip dari Hypebae, Jumat (29/11/2019).

Setelah menyadari kondisi mentalnya yang buruk, ia mencoba untuk lebih mencintai dirinya sendiri. Akibat sakit mental yang dialaminya, HyunA disarankan dokter untuk memeriksakan lebih jauh kondisi kesehatannya. Tapi saat memeriksakan ke dokter ia justru didiagnosa sinkop vasovagal.

"Namun, seorang dokter menyarankan saya untuk pergi ke rumah sakit universitas sehingga saya melakukan beberapa tes pada gelombang otak saya, dan saya menemukan bahwa saya memiliki sesuatu yang disebut sinkop vasovagal," jelasnya.



Sinkop vasovagal merupakan gangguan otak yang menyebabkan seseorang mudah pingsan. Selain itu penyakit ini juga bisa muncul akibat reaksi emosional terhadap suatu kondisi tertentu.

Karena kondisi kesehatannya yang terus menurun, ia khawatir jika mengecewakan berbagai pihak yang bekerja bersamanya. Untuk itulah ia mengungkapkan kondisi kesehatannya pada publik dan penggemarnya.

"Saya pikir ini belum terlambat dan saya akan mencintai diri saya sendiri dan menjaga diri saya sendiri. Saya akan berani dan jujur, seperti saya sekarang. Terima kasih banyak sudah membaca," pungkasnya dalam caption.



Simak Video "Tanya Jawab dengan Psikolog soal Tekanan Sosial dan Bunuh Diri "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)