Senin, 02 Des 2019 09:38 WIB

Ingin Punya Otak Encer? Coba Jalani Kebiasaan Ini

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Beberapa kebiasaan bisa bikin otak jadi encer. (Foto: thinkstock) Beberapa kebiasaan bisa bikin otak jadi encer. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Setiap orang pastinya ingin memiliki daya ingat yang bagus dan kuat dalam mengingat sesuatu. Entah dalam hal pekerjaan, pendidikan, bahkan hal-hal yang menjadi rutinitas sehari-harinya.

Para ahli memiliki berbagai tips untuk membuat daya ingat lebih bagus, mulai dari pola tidur hingga olahraga. Hal ini bisa membantu otak untuk memproses informasi dengan lebih baik lagi dan membantu mengembangka potensi yang kamu punya.

Dikutip dari Times of India, beberapa kebiasaan ini bisa membantu kamu dalam meningkatkan daya ingat.


1. Hilangkan kebiasaan multitasking

Secara sederhana, bekerja secara multitasking dapat membagi perhatian hingga konsentrasi seseorang. Hal ini dapat menyulitkan kamu dalam mengingat sesuatu, bahkan saat dibutuhkan sekalipun. Coba untuk membiasakan diri untuk fokus menyelesaikan pekerjaan satu per satu.

2. Lakukan meditasi secara teratur

Meditasi dan yoga ternyata memiliki berbagai manfaat, termasuk dalam meningkatkan daya ingat. Meditasi bisa meningkatkan koneksi saraf, menghilangkan stres, racun, dan membantu untuk fokus pada hal-hal yang penting.

Dengan melakukan ini secara teratur, mungkin bisa membantu untuk mengubah struktur di otak dan memperbaiki saraf agar lebih bisa berkonsentrasi serta mengingat sesuatu.

3. Tidur tepat waktu

Selain bermanfaat untuk tubuh, tidur tepat waktu juga bisa meningkatkan kesehatan dan membantu bagian dari otak untuk menyimpan ingatan. Para peneliti menemukan bahwa orang yang tidur 7-8 jam per harinya, dapat mengingat lebih baik daripada yang kurang.

4. Banyak berolahraga

Kegiatan yang satu ini tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Selain membuat fisik bugar, tanpa disadari olahraga juga memberikan nutrisi yang penting ke otak.

Hal ini dapat meningkatkan daya ingat, fungsi kognitif, dan juga pembelajaran. Jika tidak berolahraga, ingatan dan aktivitas otak dapat terganggu oleh berbagai masalah kesehatan, seperti hipertensi serta diabetes yang tidak dikelola dengan baik. Coba biasakan 30-45 menit dalam sehari untuk berolahraga dengan gaya yang kamu sukai.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)