Senin, 02 Des 2019 16:21 WIB

Pesepakbola yang Kakinya Diamputasi Kini Ikut Ajang Sepakbola Khusus Disabilitas

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kisah viral pesepakbola yang kakinya rela diamputasi dan kini telah kembali aktif. Foto: Tangkapan layar Twitter @adityarmss Kisah viral pesepakbola yang kakinya rela diamputasi dan kini telah kembali aktif. Foto: Tangkapan layar Twitter @adityarmss
Jakarta - Kisah viral yang diunggah di Twitter menceritakan seorang netizen yang kakinya rela diamputasi. Lewat akun @adityarmss, Aditya yang menggunggah kisah tersebut ternyata seorang pesepakbola. Saat ini, dia tergabung dalam Indonesia Amputee Football (INAF).

Rasa sedih tentunya dirasakan Aditya yang kehilangan kaki kanannya pada 6 Maret 2019. Namun Aditya memilih ikhlas dan tak terlalu lama menyesal. Dengan perasaan yang lega, Aditya mencari tahu cara merawat luka yang baik. Aditya juga kembali latihan sepak bola meski ada sedikit perubahan.

"Cara lari saya jadi seperti kanguru, lompat-lompat gitu. Kalau sebelumnya lari bertumpu pada kaki, sekarang pakai tongkat. Kalau untuk nendang bola masih pakai kaki," kata Aditya yang kini berusia 22 tahun saat dihubungi detikcom pada Senin (2/12/2019).


Selain kembali aktif di sepak bola, Aditya juga kembali meneruskan kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Jawa Barat. Saat cedera pada 2017 hingga diamputasi 2019, Aditya tak bisa bebas beraktivitas. Dia bahkan sempat hanya berbaring atau bergerak di sekitar rumah karena keterbatasannya.

Aditya yang merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, memang tidak membuang banyak waktu usai amputasi. Dia memilih merawat lukanya dengan baik dan melakukan fisioterapi yang selesai pada September 2019. Dia juga memasang kaki palsu, yang tidak digunakan saat berlaga atau latihan di lapangan hijau.

Dengan semua pengalaman dan kerja keras yang dilaluinya, Aditya bersyukur punya teman dan keluarga yang selalu mendukungnya. Dukungan dari semua pihak membantunya terus latihan, kontrol teratur, dan kembali beraktivitas.

"Inti dari cerita saya sih, saya cuma mau kasih sedikit pesan buat semangat terus karna sebenernya gimanapun kondisi kita kalo masih ada usaha buat bergerak maju, tetep yakin dan trus berdoa yg terbaik, pasti ada aja jalannya. karena itu yang saya lakuin terus sih sekarang," tulis Adit.

Adit juga minta doa untuk tim INAF yang akan berlaga pada Asia Amputee Football pada Februari 2020 di Malaysia. Adit berharap tim INAF bisa memberi hasil terbaik dengan dukungan dari seluruh masyarakat.



Simak Video "Viral Cerita Karyawan Sakit Leher Menahun Karena Kelamaan Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)