Senin, 02 Des 2019 19:46 WIB

#MyMentalHealthIn3Words Trending di Twitter, Apa Kata Netizen?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kesehatan enta(Foto: detikINET - Irna Prihandini) Kesehatan enta(Foto: detikINET - Irna Prihandini)
Jakarta - Hashtag #MyMentalHealthIn3Words kini menjadi salah satu top trend twitter dengan jumlah 22.200 tweet. Hashtag ini pertama diinisiasi oleh akun @S***********, wanita asal Stockton, California. Ia membuat #MyMentalHealthIn3Words untuk meminta respon dan tweet dari banyak orang sebagai bentuk dukungan untuknya. Dalam salah satu tweetnya, ia mengatakan sedang mengalami gangguan mental sementara.

"Hanya ingin semua orang tahu bahwa saya baik-baik saja. Ya, saya sedang mengalami gangguan mental, tetapi bersifat sementara dan dan mungkin nanti dapat membaik lagi. Saya baru saja mengalami masalah pribadi, saya sakit, merasa tidak berdaya, sedih, dan frustrasi. Saya akan baik-baik saja. Terima kasih atas dukunganmu," tulisnya.

Dilihat detikcom pada Senin (2/12/19), tanggapan dari netizen khususnya di Indonesia terkait #MyMentalHealthIn3Words ini justru sangat beragam. Mulai dari yang benar-benar seputar masalah mental hingga sekedar curhatan. Beberapa lainnya juga ada yang menuliskan tweet dengan nada yang religius.


"Bilang depresi dikira depresi beneran, walopun aslinya engga, bisa juga iya, mbuh bye!" tulis akun @F**********. Sementara akun lainnya, @n******* menuliskan, "Pengen sembuh plis:)." Dari tweet ini, netizen yang menulisnya berharap bisa sembuh dari penyakit mental yang mungkin sedang diidapnya.

Adapun tweet yang bernada religius, sebagai bentuk pengingat untuk orang yang sedang mengalami gangguan mental. Akun @w************** yang hanya menulis, "Alhamdulillah." Ada akun lainnya yaitu @B*********** yang menulis, "Allah, Rasul, Quran." Sementara pada akun @c********** yang menulis, "Harus kuat inget ada Allah SWT."

Hashtag ini juga diisi para penggemar K-Pop seperti, "Bighit's Bangtan Sonyeondan," yang ditulis oleh akun @k***********. Masih dengan nada yang sama, akun @i******** juga menuliskan tweet "Yoonmin 4 a better mentalhealth." Tweet ini mereka buat sebagai bentuk dukungan untuk para grup idolnya agar kesehatan mentalnya dapat terjaga dengan baik. Ini mengingat beberapa kasus idol yang meninggal karena mengidap gangguan mental.



Simak Video "Kata Dokter Jiwa soal Ramai 'Keluhan' Pasca Nonton Joker"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)