Selasa, 03 Des 2019 05:05 WIB

4 Efek Kurang Minum Air Putih, Salah Satunya Sakit Punggung

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kurang minum bisa berdampak pada kesehatan (Foto: iStock) Kurang minum bisa berdampak pada kesehatan (Foto: iStock)
Jakarta - Pentingnya kecukupan minum air putih setiap hari mungkin telah diketahui banyak orang. Sayangnya, kadang tak mudah memenuhi kebutuhan 2 liter air putih per hari atau sesuai kebutuhan yang disarankan dokter.

Jika dibiarkan, kurang konsumsi air putih bisa mengakibatkan penurunan fungsi organ tubuh. Kebiasaan kurang konsumsi air putih sebaiknya segera dihentikan, apalagi bila telah muncul tanda berikut.



1. Sakit punggung

Dikutip dari situs International Spine Institute, kurang minum bisa menimbulkan rasa sakit dan kurang nyaman di punggung. Kurang minum mengurangi ukuran dan support bantalan yang mengisi celah antara tulang punggung. Bantalan ini memiliki konsistensi seperti marshmallow dan terdiri atas air. Selain tidak nyaman, minimnya support bantalan tulang bisa mengakibatkan bengkak dan herniated disc. Kondisi serupa juga bisa muncul di tulang leher dan kaki.

2. Bau mulut

Mulut yang beraroma kurang sedap ternyata bisa menjadi tanda kurang minum. Dikutip dari situs Healthcare Associates of Texas, air penting dalam produksi liur dan membantu membersihkan bakteri dari rongga mulut. Kurang air mengganggu produksi air liur dan menyebabkan bakteri tumbuh di lidah, gigi, gusi, dan mengakibatkan bau mulut. Kemungkinan bau mulut lain adalah tidak menjaga kebersihan rongga mulut atau ada gangguan lain.



3. Konstipasi atau sembelit

Air menjaga kesehatan dan pergerakan seluruh organ dalam sistem pencernaan. Hal ini dilakukan dengan menjaga konsistensi feses mudah bergerak dan dikeluarkan dari sistem digestif. Kurang air mengakibatkan tubuh mengambil cairan dari feses demi memenuhi kebutuhannya. Hal ini mengakibatkan feses lebih keras dan sulit dikeluarkan. Kecukupan konsumsi air putih sangat disarankan bagi yang punya siklus buang air besar teratur atau tidak.

4. Sering sakit

Kecukupan air membantu memperkuat sistem imun sehingga mampu melawan bakteri dan penyebab penyakit lainnya. Manfaat lain adalah membuang racun dari dalam tubuh sehingga tidak mudah sakit dan infeksi. Artinya, jika tubuh sudah mulai merasa tidak nyaman sangat disarankan segera mencukupi kebutuhan cairan. Hal ini menjaga semua sistem dalam tubuh tetap berfungsi optimal dan bebas racun.



Simak Video "Benarkah Penderita Maag Tidak Boleh Minum Air Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)