Selasa, 03 Des 2019 05:25 WIB

5 Tips Membiasakan Diri Bangun Pagi

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Banyak cara untuk membiasakan diri bangun pagi (Foto: iStock) Banyak cara untuk membiasakan diri bangun pagi (Foto: iStock)
Jakarta - Bagi banyak orang, bangun pagi masih jadi permasalahan tersendiri. Alasannya karena 'daya tarik' kasurnya yang kuat atau mungkin di tambah efek begadang semalaman.

Akhirnya, saat pagi jangankan untuk bangun, membuka mata saja pasti susah sangat susah. Dampaknya pasti akan kesiangan, terlambat bekerja, dan sakit jika tidak sarapan dulu sebelum beraktivitas.

Untuk mencegah budaya malas bangun pagi ini berlanjut, beberapa tips dari Healthline ini bisa dicoba.



1. Jangan main ponsel saat pertama buka mata

Saat bangun dari tidur, ponsel jadi benda pertama yang akan dicari. Entah untuk mematikan alarm atau malah langsung mengecek berbagai media sosial yang dimiliki. Tapi kebiasaan ini harus segera dihilangkan, karena semakin lama bermain ponsel saat bangun tidur malah akan membuat kita tambah malas bangun bahkan bisa tidur kembali.

Sebaiknya, saat bangun segera berolahraga, menyiapkan sarapan, atau bermeditasi beberapa menit yang bermanfaat untuk performa kamu dalam menjalani rutinitas.

2. Segera nyalakan lampu saat bangun tidur

Terbiasa dengan kondisi kamar yang gelap dan sejuk malah semakin membuat seseorang malas untuk bangun pagi. Untuk membuat itu tidak berlanjut lagi, saat alarm bunyi segera nyalakan lampu kamar.

Hal ini dilakukan karena tubuh memerlukan cahaya alami untuk mengatur ulang waktu internalnya. Dengan keadaan kamar yang terang, kamu akan terpacu untuk segera bangun dari tempat tidurmu.

3. Nyalakan musik favorit

Menyalakan musik saat pagi hari selain memicu kamu untuk segera bangun, bisa juga membakar kalori tubuh saat kamu berjoget mengikuti iramanya. Saat musik itu terdengar oleh telinga, otomatis kamu akan mengikuti alunan musiknya dan memaksa tubuhmu untuk ikut bangun juga.

4. Basuh muka dengan air dingin

Meskipun sudah bangun dan pergi ke kamar mandi, tidak jadi jaminan kalau kamu akan langsung beraktivitas. Untuk mencegah rasa ngantuknya kembali lagi, segera basuh atau percikkan air dingin ke mukamu.

5. Lakukan peregangan

Saat kamu membuka mata karena deringan alarm, segera lakukan peregangan pada tubuhmu. Peregangan ini akan membantu membuat darah mengalir ke otot-otot tubuh.

Selain itu, peregangan juga bisa membantu meningkatkan fleksibilitas dan gerakan, tingkatkan daya tahan tubuh, dan mengurangi resiko cedera saat beraktivitas nanti.



Simak Video "Eits! Percuma Diet Kalau Kurang Tidur"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)