Selasa, 03 Des 2019 14:05 WIB

Idap Kelainan Otot, Wanita Ini Bertahan Hidup dengan Jadi Cosplayer

Widiya Wiyanti - detikHealth
Amber Guzman. Foto: Instagram/@amber_kohaku_chan Amber Guzman. Foto: Instagram/@amber_kohaku_chan
Jakarta - Seorang wanita asal Long Beach, California harus hidup seperti boneka karena kelainan otot yang diidapnya. Adalah Amber Guzman (32) yang didiagnosis distrofi otot.

Distrofi otot adalah kelainan otot genetik yang membuat otot-ototnya lemah dan bahkan dapat mengancam jiwa. Amber tak mampu berjalan sehingga dalam keseharian ia menggunakan kursi roda.

Amber didiagnosis distrofi otot pada tahun 2012, namun gejala seperti masalah gerak tubuh telah ia rasakan sejak usianya 15 tahun.

"Setelah pubertas, otot-ototku menipis dan melemah. Ini penyakit yang dapat membunuh otot-ototmu dan sulit untuk membangunnya kembali," ungkap Amber dikutip dari Daily Mail.

Walau semakin hari perkembangan ototnya semakin melemah, Amber telah menemukan suatu hal yang membuatnya tetap berjuang hidup. Yaitu menjadi cosplayer, mengenakan kostum dan rias wajah seperti seorang tokoh.



Menjadi cosplayer dapat mengalihkan perhatian Amber pada kondisi tubuhnya. Cosplay juga dapat membuat Amber tidak selalu berpikiran negatif, justru ia bahagia saat mengenakan kostum-kostum yang menarik.

"Pada saat pameran orang-orang selalu mendatangiku dan berkata 'aku tak percaya kamu mengenakan kostum yang besar ini sementara kamu di kursi roda'. Aku suka menggabungkan kursi rodaku dalam cosplay," tutur Amber.

Kini, Amber hidup dengan suaminya, Martin yang selalu ada pada kondisi apapun. Mereka sudah bersama sejak sebelum Amber didiagnosis distrofi otot. Martin pun merasa Amber adalah motivasinya.

Amber memiliki harapan bahwa dirinya dapat menginspirasi orang lain dengan keterbatasan melalui cosplaynya. Ia ingin mengubah persepsi orang-orang soal apa yang bisa diraih orang-orang yang berada di atas kursi roda.

"Menjadi disabilitas bukan berarti hidupmu berakhir. Ini bukan akhir untuk mimpi-mimpimu," pungkasnya.



Simak Video "Mau Punya Otot Perut Seperti Diva? Ini Caranya!"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)