Rabu, 04 Des 2019 06:30 WIB

Fungsi Vitamin A dan Dosis yang Dianjurkan untuk Tubuh

Sudiarto Putra - detikHealth
Fungsi vitamin A. Foto: iStock Fungsi vitamin A. Foto: iStock
Jakarta - Jika kalian beranggapan bahwa vitamin A hanya bisa berguna untuk penglihatan mata, ternyata kurang tepat. Sebab, vitamin A selain berfungsi untuk proses penglihatan mata dan menjaga kesehatan mata, tetapi juga dapat melindungi tubuh kalian dari berbagai serangan penyakit. Hal ini karena vitamin A juga mengandung banyak antioksidan, yaitu betakaroten yang berguna untuk menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan berperan penting dalam proses pembentukan sistem penglihatan yang baik dan sangat membantu menunjang kesehatan tubuh.


Berikut manfaat yang akan didapat oleh tubuh setelah mengkonsumsi vitamin A yang telah dirangkum detikHealth:

Fungsi Vitamin A

Selain untuk kesehatan, vitamin A juga memiliki banyak fungsi bagi tubuh untuk menghindarkan dari segala penyakit, antara lain:

· Membantu untuk menjaga kulit dan selaput lender yang melapisi hidung, sinus, dan mulut.

· Dapat menyembuhkan luka
· Mencegah timbulnya jerawat pada wajah
· Mencegah dan mengobati campak
· Menjaga kesehatan kulit
· Mengurangi resiko rabun senja
· Mengobati lesi prakanker pada mulut
· Menjaga kekebalan tubuh
· Mencegah kanker payudara
· Mencegah kanker kerongkongan
· Mencegah kanker serviks
· Mencegah kanker usus besar

Makanan Sumber Vitamin A

Vitamin A bisa didapatkan dari dua sumber, yaitu sumber yang berasal dari hewan dan juga berasal dari tanaman. Nah, apa saja makanan yang dapat Anda konsumsi agar mendapatkan vitamin A secara maksimal setiap hari, berikut makanan yang bisa Anda konsumsi, antara lain:

· Wortel.
· Hati dan daging sapi.
· Kacang merah.
· Telur ayam.
· Sayur-sayuran hijau, seperti bayam, kacang panjang, rumput laut, terong, semangka dan lain-lain.
· Buah-buahan yang berwarna kuning, seperti mangga, pepaya, pisang.

Kebutuhan Vitamin A Bagi Tubuh

Pemerintah melakukan program pemberian kapsul vitamin A untuk memenuhi kecukupan asupan vitamin A bagi tubuh secara nasional setiap tahun bagi anak berusia 6 hingga 59 bulan yang diberikan secara gratis.

Pemberian kapsul vitamin A diberikan setiap bulan Februari dan Agustus di setiap Puskesmas dan Posyandu. Obat kapsul vitamin A memiliki dua jenis, yaitu kapsul biru (dosis vitamin A 100.000 IU) kapsul ini diperuntukkan untuk bayi berusia 6 hingga 11 bulan dan ada juga kapsul merah (dosis vitamin A 200.000 IU) kapsul ini diperuntukkan untuk anak berusia 12 hingga 59 bulan serta ibu dalam masa nifas.

Hindari mengonsumsi vitamin A secara berlebihan. Jika melebihi batas yang ditentukan oleh dokter maka akan mengakibatkan racun vitamin yang dikonsumsi. Sebaiknya kamu mendapatkan vitamin A secara alami dengan mengonsumsi beberapa makanan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Efek Kelebihan Vitamin A

Berikut adalah efek yang akan timbul apabila mengonsumsi vitamin A berlebihan tanpa anjuran dokter.

· Sakit kepala
· Nyeri otot
· Kelelahan
· Kulit kering
· Bibir pecah-pecah
· Mual atau diare

Nah, itulah penjelasan tentang manfaat vitamin A bagi tubuh yang harus kamu ketahui. Vitamin A memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, alangkah lebih baik jika kamu memenuhi kebutuhan vitamin A sehari-hari dengan sumber alami dari pola makan sehari-hari.

Jika kamu ingin mengonsumsi vitamin A dengan cara meminum suplemen, diharapkan agar sesuai dengan anjuran yang diberikan dokter ya.






Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)