Rabu, 04 Des 2019 07:23 WIB

Menu Sarapan Itu-itu Saja Ternyata Bisa Bikin Gagal Diet

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Makan itu-itu saja bisa bikin dietmu gagal. (Foto: iStock) Makan itu-itu saja bisa bikin dietmu gagal. (Foto: iStock)
Jakarta - Setiap orang punya makan favorit kan? Jadi setiap ingin makan, termasuk saat sarapan pasti menunya itu-itu saja.

Tapi, ternyata kebiasaan seperti ini malah bikin efek buruk bagi tubuh, terutama dalam hal kesehatan. Salah satu efeknya, bisa jadi diet yang kita lakukan sejak lama bisa gagal begitu saja.

Selain diet, dikutip dari Times of India, ternyata masih ada efek lainnya dari makan dengan menu yang nggak variatif ini.


1. Bikin gagal diet

Makan dengan menu yang sama terus-terusan ternyata bisa bikin kamu gagal diet. Kamu malah akan mengkonsumsi makanan kesukaanmu yang belum tentu sehat, malah semakin menumpuk lemak di tubuhmu.

Menurut sebuah penelitian, orang yang mengkonsumsi berbagai menu makanan, entah sayuran, buah, bahkan protein malah akan membantu mempercepat penurunan berat badan. Jadi, mulai susun menu sarapan kamu biar beragam ya.

2. Usus bermasalah

Saat kamu mengkonsumsi makanan dengan menu yang beragam, secara otomatis akan membantu pertumbuhan bakteri baik yang da di ususmu. Ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlancar sistem pencernaan.

Supaya makin beragam, jangan lupa konsumsi makanan yang difermentasi, buah-buahan, dan sayuran. Itu akan menambah asupan yang baik untuk usus kamu.

3. Kurang nutrisi

Mengkonsumsi makanan yang itu-itu saja ternyata bisa membuat tubuh kamu kekurangan nutrisi lho. Umumnya, tubuh membutuhkan berbagai macam nutrisi, baik makro ataupun mikro untuk tubuh. Hal ini dapat dipenuhi dengan makan berbagai macam makanan, sayur bahkan buah.

Jika kita terus-terusan hanya mengkonsumsi menu yang kita suka, bisa menyebabkan kekurangan gizi atau lebih parahnya bisa terjadi malnutrisi.

4. Tidak nafsu makan

Ternyata, kebiasaan makan dengan menu yang sama bisa bikin kamu kehilangan nafsu makan. Orang seperti itu akan lebih selektif dalam memilih makanan.

Dampak lainnya, orang itu akan secara terus menerus menolak makanan karena berbagai alasan, seperti warnanya, tekstur, atau baunya. Ini bisa membuat orang itu kehilangan berat badannya, kekurangan gizi yang dibutuhkan, dan rentang akan penyakit.



Simak Video "Sayuran-sayuran Ini Bisa Bantu Berat Badanmu Cepat Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)