Rabu, 04 Des 2019 10:03 WIB

Manfaat Wushu, Olahraga Penyumbang Emas untuk RI di SEA Games 2019

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Edgar Xavier Marvelo Gondol Emas Nomor Wushu Gunshu di SEA Games 2019. (Foto: Antara Foto) Edgar Xavier Marvelo Gondol Emas Nomor Wushu Gunshu di SEA Games 2019. (Foto: Antara Foto)
Jakarta - Altet wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo, menyumbang emas untuk Indonesia pada ajang SEA Games 2019 yang diselenggarakan di Filipina. Cabang olahraga wushu memang menjadi perhatian sejak Lindswell Kwok kala itu berhasil mendapat medali emas di ajang Asian Games 2018 silam.

Olahraga wushu atau Kung Fu, adalah istilah umum untuk seni bela diri Tiongkok. Mengutip Topendsport, wushu telah ada sejak tahun 1940-an yang bertujuan untuk membentuk praktik seni bela diri tradisional.

Wushu juga merupakan kombinasi dari pertunjukan dan seni bela diri. Olahraga ini berfokus pada teknik menyerang, bergulat, melempar, dan gerakan santai. Ada dua disiplin ilmu Wushu yakni Taolu dan Sanda.


Taolu adalah kombinasi dari gaya dan gerakan seni bela diri di mana peserta akan dinilai sesuai gerakannya. Taolu terdiri dari kuda-kuda, tendangan, pukulan, keseimbangan, lompatan, dan lemparan. Taolu kontemporer dapat dilakukan dengan tangan kosong, senjata pendek, atau senjata panjang.

Sanda atau Lei tai adalah gaya bertarung kontemporer yang dipengaruhi oleh tinju ala China. Sanda lebih seperti Muat Thai tapi memiliki teknik bergulat.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan olahraga wushu. Banyaknya posisi wushu dapat membangun kekuatan otot kaki dan perut serta punggung bawah. Selain itu dapat membangun kestabilan otot dan juga meningkatkan stamina.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)