Minggu, 08 Des 2019 15:09 WIB

Denny Sumargo Bagikan Tips Jalani Hidup Biar Tetap 'Waras'

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth
Jakarta - Menjadi seorang public figure bukan jaminan punya hidup yang sempurna dan tanpa beban. Selalu ada lika-liku dalam kehidupan yang jika dibiarkan akan mengganggu keseharian dan bisa membuat seseorang stres bahkan depresi.

Belakangan ini, banyak artis asal Korea Selatan yang akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup. Kebanyakan dari mereka sebelumnya punya riwayat depresi yang diduga memicu keputusan tersebut.

Denny Sumargo, mantan pebasket yang kini tengah sibuk dalam proyek film, mengatakan memang saat ini kecenderungan seseorang mengidap stres bahkan depresi cukup tinggi, khususnya di bidang yang saat ini ia tekuni. Karenanya dia punya cara sendiri agar tetap sehat jiwa.


"Biar tetap waras ya istilahnya, jangan menyalahkan kehidupan ini. Jangan menyalahkan diri kita, tapi bertanggung jawab dengan apa yang ada dalam hidup kita," kata Denny saat ditemui di acara Kampanye Gerak Tak Terbatas, M Bloc Space, Jakarta Selatan, Rabu (4/12/2019).

Menurutnya, salah satu pemicu stres adalah jika seseorang selalu membebani diri dengan kesalahan. "Kesalahan itu mutlak ada," paparnya. Cara untuk 'menghindari' stres adalah dengan mencari pemicunya dan menyelesaikannya sebaik mungkin.

Kesalahan adalah proses pendewasaan. Tak ada seorang yang bisa luput dari keliru. Hanya, penting bagi seseorang untuk menyikapi kesalahan itu dengan bertanggungjawab.

"Kita nggak mungkin memperbaiki sesuatu kalau kita nggak bikin salah. Tapi dari proses itu terbentuk sebuah value. Nah itu yang kita harus dapatkan," pungkas Denny.



Simak Video "Kenalan Lebih Dekat dengan Fisioterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/wdw)