Minggu, 08 Des 2019 16:00 WIB

Meditasi Disebut Ahli Bisa Bantu Sembuhkan Depresi Para Artis K-Pop

Nurul Khotimah - detikHealth
Kang Daniel, salah satu artis K-Pop yang mengaku alami depresi. Foto: Kang Daniel (dok. Instagram)
Jakarta - Salah satu gangguan mental yang belakangan dialami artis K-Pop ialah depresi. Beberapa di antara mereka mengakui mengalami gangguan depresi karena banyaknya tekanan di dunia hiburan K-pop. Tak jarang akibat tekanan yang tak mampu dihadapi mereka memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Prof Damwon Kim Chang-Bae, profesor Zen Art dari Korea Selatan berpendapat, kemungkinan para artis K-Pop banyak yang bersedih hati. Sedih hati itulah yang membuat putus asa.

"Karena terlalu banyak mungkin tekanan hidupnya dia. Karena terlalu banyak keruwetan di dalam pikiran dia," kata Prof Chang-bae kepada detikcom, saat ditemui di Tergar Meditation Center, Jakarta Barat, Sabtu (7/12/2019).

Untuk mengatasi depresi salah satu caranya adalah dengan meditasi. Meditasi sendiri merupakan proses mengenali diri sendiri agar lebih mampu mengatur dan mengendalikan emosi. Oleh karenanya Prof Chang-bae menyarankan untuk menghilangkan depresi salah satunya dengan bermeditasi.


"Caranya dengan bermeditasi, banyak minum teh untuk menenangkan diri. Itulah caranya," pungkasnya.

Selain itu, Prof Chang-bae juga mengatakan, untuk mendapat ketenangan segala perasaan mendalam harus ditekan keluar. Supaya diri kita mendapat ketenangan.

Sejalan dengan Prof Chang-bae, Dr Yudhi H. Gejali, MD, koordinator Tergar Meditation Centre Jakarta mengatakan dengan bermeditasi kita mengenali diri sendiri. Sehingga mengetahui kapasitas cukup atau tidaknya sesuatu yang kita butuhkan.

"Jadi dengan meditasi kita mengenali, I'm okay, I'm enough, dan kita mengenali kebaikan mendasar yang ada dalam diri kita. Itu prosesnya dengan meditasi," jelasnya.

Dengan begitu, meditasi bisa menjadi salah satu metode untuk gangguan mental seperti depresi atau stres yang banyak dialami orang-orang saat ini. Meluangkan beberapa menit untuk sejenak meminum teh atau mengatur napas mungkin bisa Anda lakukan untuk menjernihkan pikiran.



Simak Video "Soal Kesehatan Mental, Jangan Diagnosis Diri Sendiri!"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/frp)