Senin, 09 Des 2019 14:11 WIB

Atiqah Hasiholan Jadi Duta HIV-AIDS, Fokus Cegah Penularan pada Ibu dan Anak

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Atiqah Hasiholan (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Jakarta - UNAIDS atau program Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk HIV-AIDS menunjuk Atiqah Hasiholan sebagai UNAIDS National Goodwill Ambassaror untuk Indonesia. Fokusnya adalah untuk mengkampanyekan soal isu HIV dan ODHA (Orang dengan HIV-AIDS) dan pencegahan penularan para ibu dan anak.

Tercatat ada sekitar 14 ribu anak yang positif HIV sejak dalam kandungan. Menurut Atiqah, sebagai seorang perempuan dan ibu, ia meyakini kaum perempuan juga harus mengetahui status HIV mereka agar dapat mencegah penularan ke anak nantinya.



"Fakta bahwa ada ratusan anak positif yang sebenarnya bisa jadi nol kalau saja orangtuanya melakukan pencegahan, hal itu yang paling menggugah saya," sebut Atiqah saat dijumpai di Gedung Theater Salihara, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

Bersamaan dengan pelantikannya, Atiqah juga meluncurkan film pendeknya berjudul POSI(+)IF yang menekankan pentingnya tes HIV secara dini, bagaimana cara keluar dari stigma dan melindungi keluarga dari penularan virus HIV. Pesan yang ia bawa yakni semua orang berisiko, bahkan dari mereka yang terlihat normal dan baik-baik saja.

"Dari film ini saya bikin karakternya dari keluarga normal, orang terlihat sehat, punya pekerjaan yang bagus jadi bisa dipahami sama orang yang sering kasih stigma sehingga bisa nonton tanpa ada stigma sama sekali," pungkasnya.



Simak Video "Obat HIV/AIDS Tersedia Gratis untuk Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)