Senin, 09 Des 2019 17:21 WIB

Haru! Viral Video Anak dengan Down Syndrome Peluk Hangat Teman Autisnya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: viral tangkapan layar Facebook
Jakarta - Siapa yang bisa menahan haru saat melihat dua bocah dengan keterbatasan saling berpeluk hangat? Sebuah video seorang bocah dengan down syndrome memeluk teman autismenya yang terlihat tertekan dan menangis di kelas beredar luas di media sosial.

Kejadian ini direkam oleh gurunya di sebuah sekolah di Mexico. Anak dengan down syndrome itu terlihat mengalungkan lengannya ke leher anak dengan autisme dan menepuk punggungnya serta menyeka air matanya.

Identitas kedua bocah itu tidak disebutkan, namun apa yang dilakukannya menunjukkan sikap welas asih yang murni dan sangat tulus. Video itu pun menadapatkan tangapan sangat besar di media sosial, disukai sekitar 157 ribu dan ditonton sekitar 20 juta pengguna.



"Saya belum pernah melihat orang yang memiliki kemampuan untuk berempati seperti dia. Anak-anak ini benar-benar memiliki hati yang paling besar. Mereka begitu murni," tulis salah satu netizen karena haru melihat video tersebut.

Berdasarkan data dari Pusat Pengendalian dan Pencegah Penyakit AS (CDC), setiap tahunnya ada sekitar enam ribu bayi di AS yang mengalami down syndrome, kelainan genetik yang menyebabkan pengidapnya memiliki tingkat kecerdasan rendah dan kelainan fisik yang khas.

Sementara itu, autisme memengaruhi kemampuan seseorang untuk belajar dan berkomunikasi. CDC melaporkan, kondisi ini memengaruhi 1 dari 59 anak meskipun tingkat keparahannya bervariasi.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)