Rabu, 11 Des 2019 06:28 WIB

5 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Secara Alami

Tasya Awlia - detikHealth
Obat alami untuk tenggorokan gatal. Foto: istimewa
Jakarta - Tenggorokan gatal bisa jadi hal sepele. Namun bila dibiarkan bisa menimbulkan penyakit serius. Sehingga perlu dilakukan cara mengatasi tenggorokan gatal secepatnya.

Tenggorokan gatal bisa jadi pertanda terjadinya penyakit asma, radang amandel, infeksi virus atau bakteri. Namun umumnya tenggorokan gatal dipicu oleh infeksi virus. Ada cara mengatasi tenggorokan gatal alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah.



1. Berkumur Air Garam


Berkumur dengan air hangat dicampur dengan garam bisa membantu meredakan rasa nyeri, dan mengurangi bengkak di tenggorokan serta mencairkan lendir.

Caranya campurkan 1 sendok garam dengan secangkir air hangat, lalu kumur selama beberapa detik. Ulangi kumur garam hingga rasa gatal di tenggorokan hilang.


2. Minum Air Putih

Gatal di tenggorokan, diiringi dengan rasa sakit. Minum air putih dengan jumlah yang banyak bisa meredakan rasa gatal dan sakit di tenggorokan. Air putih menjadi solusi terbaik. Bisa juga digantikan dengan teh jahe madu hangat, teh hijau tawar hangat, atau sup ayam.


3. Permen Pelega Tenggorokan

Permen pelega yang mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalypus, merupakan bahan yang memberikan efek sejuk pada tenggorokan.

Permen ini berfungsi meningkatkan produksi air liur dan menjaga tenggorokan tetap basah.


4. Air Perasan Lemon

Lemon mengandung astringent dengan rasa yang asam dapat mematikan virus dan bakteri penyebab gatal di tenggorokan.

Caranya campurkan 1 sendok perasan lemon ke dalam secangkir air hangat, bisa ditambahkan madu untuk mengurangi rasa asam yang berlebih. Lalu diminum hingga rasa gatal di tenggorokan menghilang.



5. Cuka Apel dan Garam

Cuka apel bersifat asam, yang dapat melapisi tenggorokan dari virus dan bakteri. Caranya campurkan 1/4 apel dan garam, dengan secangkir air hangat. Kemudian kumur ramuan tersebut setiap 4 jam.

Itulah beberapa bahan alami untuk meredakan tenggorokan gatal. Tidak hanya menggunakan bahan yang alami tetapi makanan yang bisa menjadi penyebab tenggorokan gatal juga harus dihindari.






Simak Video "Usai Itaewon, E-Commerce di Bucheon Jadi Klaster Corona Baru Korsel"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)