Rabu, 11 Des 2019 08:31 WIB

Indonesia Ranking 3 Pengidap TB Terbanyak, Targetkan Eliminasi 2035

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Petugas mengumpulkan sampel dahak untuk pemeriksaan TB di Pasar Induk Kramat jati (Foto: Foto: Uyung/detikHealth)
Jakarta - Indonesia masih mengalami beban penyakit menular yang cukup tinggi. Hal ini ditunjukkan dari laporan Global TB yang dilakukan oleh WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia tahun 2018 yang menunjukkan Indonesia berada di peringkat ketiga pengidap TBC (tuberkulosis) terbanyak di seluruh dunia dengan estimasi 845 ribu kasus.

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengatakan Indonesia memiliki target eliminasi TB di tahun 2035. Untuk mempercepat penanggulangan penyakitnya, Kementerian Kesehatan bersama Presiden Joko Widodo akan membuat rencana pemberantasan TB melalui Peraturan Presiden.



"Karena TB mudah menginfeksi, jadi kita harus bersama-sama memeranginya karena kita menjadi nomor 3 di dunia. harus kerja keras," kata Menkes saat dijumpai di agenda Stop TB di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (10/12/2019).

Disebutkan bahwa Presiden Jokowi memang menaruh perhatian besar dalam persoalan TB di Indonesia. Oleh sebab itu dibutuhkan kerjasama yang baik antar kementerian karena penanggulangan TB tak hanya di sektor kesehatan saja.

"Kemenkes tidak bisa berdiri sendiri. Memerlukan kementerian lain dan bantuan dari aparat lain mau PKK, posyandu, puskesmas, itu sangat dibutuhkan," tambahnya.

Kedepannya, Perpres tersebut akan mengurai secara detail kementerian mana saja yang akan difokuskan agar penanganannya bisa terarah dan tepat sasaran.



Simak Video "Tantangan Pengendalian TBC di Masa Pandemi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)