Rabu, 11 Des 2019 11:15 WIB

15 Orang Donor Darah dari Magelang Terima Penghargaan dari Presiden

Eko Susanto - detikHealth
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyerahkan bantuan sepeda motor untuk PMI Kota Magelang. (Foto: istimewa) Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyerahkan bantuan sepeda motor untuk PMI Kota Magelang. (Foto: istimewa)
Magelang - Sebanyak 15 orang donor darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang akan menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo. Penghargaan tersebut berupa Satya Lencana Kebaktian Sosial karena telah lebih dari 100 kali menyumbangkan darahnya.

Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono, mengatakan mereka yang akan menerima penghargaan merupakan donor darah rutin setiap 2,5-3 bulan. Sedianya yang berangkat menuju Jakarta ada 15 orang, namun seorang meninggal dunia.

"Penghargaan ini adalah apresiasi kepada pendonor yang lebih dari 100 kali berdonor atau rata-rata sudah 25 tahun. Mereka tidak hanya dari Kota Magelang, tapi juga luar kota. Satu orang yang meninggal tetap diberi penghargaan," kata Sumartono di sela-sela ramah tamah donor darah dengan Wali Kota Magelang, Selasa (10/12/2019).


Dari 15 orang donor, satu orang atas nama Alexander Daniel Pangka disebut jadi donor yang paling tua di usia 78 tahun dan sudah menyumbangkan darahnya 147 kali. Sedangkan satu orang atas nama Bambang Istianto (68) disebut jadi yang paling banyak menyumbangkan darah yaitu 159 kali.

Sementara itu, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada para donor yang telah menyumbangkan darahnya lebih dari 100 kali. Mereka disebut layak dianggap sebagai pahlawan kemanusiaan.

"Semangat seperti ini harus disebarluaskan. Semoga menginspirasi, semakin banyak masyarakat yang melakukan hal sama," kata Sigit.



Simak Video "Tak Ingin Jadi Bahan Hoaks, PMI Perlihatkan Isi Ambulans"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)