Rabu, 11 Des 2019 15:15 WIB

Dulu Tak Percaya Bahaya Rokok, Daus Akhirnya Harus Rasakan Dada Dilubangi

Firdaus Anwar - detikHealth
Potret Daus saat dirawat di rumah sakit. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta - Di media sosial viral cerita seorang pria harus dilubangi dadanya karena kebiasaan merokok. Seam Firdaus (31) dari Tanjung Priok, Jakarta Utara, mengaku dulu tak pernah menganggap serius imbauan bahaya rokok sampai merasakan sendiri dampaknya.

Kepada detikcom, pria yang akrab disapa Daus ini bercerita harus menjalani perawatan ketika tiba-tiba terasa sesak dada parah pada bulan Agustus 2019 lalu. Hasil rontgen menunjukkan paru-paru kolaps atau dalam dunia medis sering disebut pneumotoraks (pneumothorax).


"Setelah hasil rontgennya keluar baru ketauan sesak napas saya karena apa, ternyata paru-paru kanan saya kempes dan harus diambil tindakan operasi untuk pasang selang," kata Daus saat dihubungi pada Rabu (11/12/2019).

"Itu antara kaget, takut, lemas juga dengernya karena seumur hidup saya nggak pernah dirawat di rumah sakit. Sekalinya masuk ke rumah sakit langsung sakit lumayan parah begini," lanjutnya.
Unggahan Daus yang berisi kalimat imbauan dan foto saat dirinya dirawat viral di Facebook, sudah dibagikan lebih dari 106 ribu kali. Beberapa netizen ada yang mendoakan kesembuhannya, tapi ada juga yang tidak percaya.

Bagi yang tidak percaya, Daus memaklumi karena ia sendiri juga pernah seperti itu.

"Wajar si mereka, perokok, pada nggak percaya. Dulu pun saya sempat nggak percaya atau mengabaikan artikel-artikel atau berita-berita tentang bahaya merokok. Tapi setelah saya mengalaminya sendiri ternyata ini loh bahayanya," ungkap Daus yang kini masih dalam masa pemulihan.



Simak Video "Kata Psikolog Soal Siswi di Sulsel Dilecehkan Beramai-ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/wdw)