Kamis, 12 Des 2019 09:38 WIB

Jangan Tertipu, Tak Ada Suplemen untuk Cegah Penyakit Jantung!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Dokter menegaskan tidak ada suplemen khusus untuk mencegah penyakit jantung (Foto: iStock) Dokter menegaskan tidak ada suplemen khusus untuk mencegah penyakit jantung (Foto: iStock)
Jakarta - Suplemen untuk penyakit jantung banyak sekali ditawarkan. Beragam suplemen yang ditawarkan untuk penyakit jantung ini umumnya berbentuk tablet. Namun, benarkah suplemen tersebut dapat benar-benar mengatasi penyakit jantung?

Ditemui detikcom , dr Sally Aman Nasution, SpPD, K-KV, FINASIM, FACP, dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, menegaskan tak ada suplemen untuk penyakit jantung hingga saat ini.

"Jadi memang suplemen atau vitamin untuk mencegah penyakit jantung itu banyak ditanyakan, cuman sayangnya sampai sekarang itu memang nggak ada," ujar dr Sally.



dr Sally menambahkan, untuk mengatasi penyakit jantung bisa dilakukan oleh bahan-bahan alami seperti antioksidan, yang ada pada sayur-sayuran atau buah-buahan.

"Kalau pun ada yang namanya supporting, antioksidan, nah antioksidan nggak usah tablet, buah-buahan itu antioksidan, sayur-sayuran itu antioksidan, yang natural. Yah, jadi sebetulnya cukup kalo memang dietnya seimbang, jangan kalah dengan karbo dan gulanya, karena memang porsi makanan kita di Indo karbonya lebih banyak," pungkasnya.



Simak Video "RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)