Kamis, 12 Des 2019 13:49 WIB

Jilatan Anjing Membuat Kaki Wanita Ini Kena Infeksi Mematikan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi anjing. Foto: AFP/Timothy A Clary Ilustrasi anjing. Foto: AFP/Timothy A Clary
Jakarta - Malang nasib wanita berusia 86 tahun asal Israel. Hanya karena jilatan anjing ke kakinya, ia terserang infeksi kulit yang berpotensi membahayakan nyawa. Ia tak pernah menduga hal sekecil itu bisa berakibat besar bagi dirinya.

Wanita yang identitasnya dirahasiakan ini memeriksakan diri ke rumah sakit saat ia mulai mengalami demam, mual, muntah, dan nyeri di kaki kanan seperti dilaporkan situs Live Science.

Ia menggunakan kursi roda dan mengidap diabetes, rheumatoid arthritis, serta terserang infeksi kulit yang bisa menjadi mematikan jika tak segera ditangani (cellulitis).


Dokter melihat ada infeksi di pergelangan kaki kanan dan betis kanan bawah. Menurut dokter, tempat-tempat tersebut tak umum terserang cellulitis. Ditemukan luka kecil di antara kedua jari kaki pasien yang dibuktikan lebih lanjut bahwa darahnya terinfeksi Streptococcus canis, bakteri yang ditemukan di anjing dan hewan lainnya yang bisa ditularkan ke manusia.

Walau cellulitis tidak secara umum disebabkan oleh bakteri tersebut, wanita ini mengaku pada dokter ia memiliki anak anjing yang kerap menjilati kakinya. Meski belum pasti, belum ada tes yang dilakukan pada si anjing untuk melihat apakah ia membawa bakteri tersebut, namun jadi kemungkinan penyebab terbesar.

"Luka kecil di antara jemari kakinya menjadi tempat sempurna bagi bakteri untuk masuk ke dalam tubuhnya dan menuju ke bawah lapisan paling atas dari kulitnya, yang disebut epidermis, dan kemudian menjadi infeksi," tulis situs Fox News.

Wanita ini juga mungkin memiliki risiko tinggi infeksi karena sistem imunnya yang melemah karena obat-obatan yang ia minum untuk mengatasi arthritis yang ia idap. Kini ia dirawat dengan meminum antibiotik dan diperbolehkan pulang ke rumah dengan kondisi stabil.



Simak Video "Anjing Penghibur yang Bikin Pasien Kembali Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)